Singkawang (Antara Kalbar) - Wali Kota Singkawang Awang Ishak meminta agar SKPD terkait membuat rumusan kebijakan berupa Peraturan Daerah tentang pembatasan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.
    Ia menyampaikan hal itu pada Peringatan Hari Bumi se Dunia yang diselenggarakan oleh Inspirasi Kreativitas Biak Singkawang (IKBS) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Singkawang, GOW Kota Singkawang, Badan Pemadam Kebakaran Swasta (BPKS), Pramuka, TNI – POLRI, dll, di Halaman Mess Daerah Kota Singkawang, Minggu (24/4).
    Menurut Awang, plastik menjadi salah satu bahan yang sering digunakan oleh masyarakat  untuk berbagai hal antara lain membawa barang belanja. "Saya minta melalui badan Lingkungan Hidup agar dapat membuat draft Perda terkait pengurangan penggunaan plastik, misalnya belanja tidak boleh menggunakan kantong plastik namun kantong gandum, karena plastik dapat merusak lingkungan," ujar dia.
    Ia juga meminta agar seluruh lapisan masyarakat bersama-sama Pemerintah Kota Singkawang untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.
    "Dalam setiap kesempatan tak jemu-jemunya saya mengingatkan kepada seluruh warga, Kota Singkawang itu rumah besar kita, mari kita sama-sama jaga. Kalau mau menempati rumah kita ya harus ada rasa memiliki dengan menjaga kebersihan dan kelestarian hidup lingkungan kita masing-masing," ungkap Awang.
    Ketua IKBS sekaligus sebagai ketua penyelenggara Peringatan Hari Bumi Kota Singkawang 2016, Olan menyampaikan bahwa telah digelar berbagai  kegiatan antara lain lomba menggambar/mewarnai, ekspo produk hasil pemanfaatan limbah, penanaman mangrove, membersihkan saluran air, dan sebagainya.  

Pewarta: Media Center Singkawang

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016