Jakarta (Antara Kalbar) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan pencairan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama di seluruh Indonesia hingga April 2016 mencapai Rp3,19 triliun.

"Saya rasa pencairannya sudah hampir 100 persen," kata Mensos disela-sela pencairan PKH untuk 187 Keluarga Sangat Miskin (KSM) di Kelurahan Kwitang Jakarta Pusat, Rabu.

Dia mengatakan saat ini sebanyak 600 KSM di Jakarta Pusat yang mendapatkan bantuan PKH yang merupakan pencairan terakhir untuk tahap pertama.

Pada 2016, Kementerian Sosial juga mengembangkan penjangkauan PKH ke 42 kabupaten kota yang sebelumnya belum terjangkau.

Pengembangan tersebut sebanyak 17 kabupaten kota di Provinsi Papua karena wilayah di daerah itu memiliki kontur alam pegunungan sehingga sulit dijangkau melalui transportasi darat.

Selain pengembangan di 42 kabupaten kota, PKH tahun ini juga akan menambah peserta program sebanyak 2,5 juta sehingga total pesertanya menjadi enam juta KSM.

Penambahan tersebut termasuk 163 ribu penyandang disabilitas berat yang akan mendapatkan bantuan PKH sebesar Rp300 ribu perbulan dan 125 ribu lanjut usia tidak mampu di atas 70 tahun yang akan mendapat bantuan Rp200 ribu yang cair tiga kali dalam setahun.

Ibu hamil peserta PKH atau memiliki bayi serta balita tahun ini akan mendapat bantuan sebesar Rp1,2 juta ditambah bantuan tetap Rp500 ribu.

Sementara bagi anak usia sekolah untuk SD mendapat Rp450 ribu, SMP sebesar Rp750 ribu dan SMA/SMK mendapatkan bantuan Rp1 juta.

(D016/R. Chaidir)

Pewarta: Desi Purnamawati

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016