Putussibau (Antara Kalbar) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kapuas Hulu, menurunkan sebanyak 206 petugas untuk sensus ekonomi pada 1-31 Mei.

Kasi IPDS BPS Kapuas Hulu Fauzan Azim menjelaskan 206 petugas yang diturunkan tersebut terdiri atas 58 orang Pemeriksa Sensus Lengkap (PSL) dan 148 orang Pencacah Sensus Lengkap (PSL).

"Petugas sensus tersebut tersebar di seluruh kecamatan di wilayah Kapuas Hulu," kata Fauzan di Kapuas Hulu, Rabu.

Dijelaskan Fauzan, Sensus Ekonomi (SE) 2016 itu untuk memperoleh data dasar unit usaha atau perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, kecuali usaha sektor pertanian, tanaman pangan, perkebunan, perikanan, peternakan, pengambilan hasil hutan.

Menurutnya, sensus ekonomi dilaksanakan untuk mendapatkan potret utuh perekonomian bangsa, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.

"Manfaatnya bagi pelaku usaha untuk mengetahui posisi, peluang serta daya saing, dan untuk pemerintah sebagai landasan perencanaan pengambilan serta evaluasi kebijakan," jelas Fauzan.

Ia berharap kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung dan menyukseskan program nasional tersebut.

"Petugas kami sudah tersebar, kami berharap agar masyarakat turut menyukseskanya terutama para pelaku usaha," kata Fauzan. 

(KR-TFT/S024)

Pewarta: Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016