Putussibau  (Antara Kalbar) - Kepala Bandara Pangsuma Putussibau, Kapuas Hulu, Hariyanto mengungkapkan menjelang Ramadhan terlihat adanya lonjakan penumpang dari dua maskapai yang menggunakan bandara tersebut.

"Sejauh ini belum ada lonjakan penumpang, penerbangan masih normal seperti biasa. Kalau memang terjadi lonjakan penumpang jelang Ramadhan seharusnya sudah kita ketahui," jelas Hariyanto ditemui di ruang kerjanya, Selasa.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman, kenaikan jumlah penumpang biasanya terjadi pada saat libur panjang ataupun Hari Besar Idul Fitri.

Ia menjelaskan saat ini penumpang rata - rata mencapai 100 hingga 150 orang setiap hari yang menggunakan maskapai Garuda dan Kalstar. "Pesawat Garuda dan Kalstar masih mampu layani penumpang," kata Hariyanto.

Meskipun demikian, Hariyanto mengaku pihaknya sudah mempersiapkan diri menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Salah satunya terminal tunggu yang rencananya akan dioperasikan sebelum Lebaran mendatang.

Selain itu, peningkatan pelayanan publik oleh petugas Bandara.

Tidak hanya itu, dia juga menegaskan akan lebih meingkatkan pengawasan dan pengamanan di sekitar Bandara. "Tentu kita tetap mengantisipasi baik memperbaiki pelayanan mapun keamanan penumpang dan bagasi, meskipun selama ini belum pernah terjadi tetap saja hal tersebut diantisipasi," ujar Hariyanto.

Lebih lanjut Hariyanto menjelaskan untuk sarana dan prasarana Bandara Pangsuma Putussibau sudah standar, dengan memiliki landasan pacu sepanjang 1.800 meter dengan lebar 30 meter.

"Ini sudah standar penerbangan untuk pesawat tipe ATR 72 yang digunakan Garuda dan Kalstar," tuturnya.


(T.KR-TFT/T011)

Pewarta: Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016