Putussibau (Antara Kalbar) - Komandan Kodim 1206 Putussibau Letkol Kav Budiman Ciptadi menyatakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 akan dilaksanakan di Nanga Badau, Kapuas Hulu, perbatasan Indonesia-Malaysia.

"Upacara bendera akan dilaksanakan di seluruh Pos Pemeriksaan Lintas Batas Negara Indonesia - Malaysia wilayah Kalimantan Barat, bahkan saya akan menjadi inspektur upacara di Nanga Badau," kata Budiman di Putussibau, Kamis.

Ditegaskan Budiman, HUT Kemerdekaan 17 Agustus kali ini merupakan momentum tepat untuk menunjukkan jati diri Indonesia khususnya di daerah perbatasan, kepada orang luar.

"Jangan sampai negara dan masyarakat kita diinjak-injak negara luar, kita akan buktikan bahwa masyarakat Indonesia ada di perbatasan," kata Budiman.

Ia menjelaskan selain pelaksanaan upacara pada 17 Agustus mendatang, juga dilaksanakan pencatatan rekor MURI di Kalbar dengan pemasangan bendera Merah Putih di sepanjang perbatasan Kalimantan Barat. Sebanyak 17.845 bendera merah putih yang akan dikibarkan di sepanjang garis perbatasan.

Selain itu, akan dilaksanakan juga pernyataan sikap oleh kader bela negara masyarakat daerah perbatasan. Hal tersebut menunjukkan komitmen masyarakat Indonesia di perbatasan dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Saya rasa tiga rangkaian kegiatan peting tersebut akan menjadi sejarah dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia khususnya yang berada di daerah perbatasan wilayah Kalimantan Barat," ungkap Budiman.

(T.KR-TFT/N005)

Pewarta: Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016