Pontianak (Antara Kalbar) - Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Provinsi Kalimantan Barat berkomitmen memperjuangkan nasib lembaga pendidikan TK menjadi lebih baik dan mendapatkan bantuan dari pemerintah dan pihak swasta yang peduli dengan pendidikan.

"GOPTKI dapat bekerja sama dengan organisasi lain yang bergerak dalam bidang pendidikan seperti IGTKI PGRI, Himpaudi, Forum PAUD, untuk memperjuangkan agar pendidikan di Indonesia dapat maju dan mendapat bantuan dari Pemerintah dan Pemerintah Daerah yang adil," kata Ketua GOPTKI Kalimantan Barat, Ratna Yuniar, di Pontianak, Senin.

Untuk mencapai hal tersebut, dirinya meminta kepada para penyelenggaraan pendidikan anak usia dini untuk bisa dipersiapkan lebih baik, sehingga SDM yang dihasilkan diharapkan mampu bersaing didunia.

"GOPTKI terus berusaha membina anak usia dini untuk membentuk watak bangsa menjadi anak Indonesia yang berkualitas.

Namun, katanya, untuk mewujudkan hal itu, banyak tantangan yang dialami saat ini, tantangannya adalah bagaimana agar kita lebih meningkatkan mutu, GOPTKI sebagai salah satu wadah bagi penyelenggaraan TK di Kalimantan Barat termasuk di Kabupaten Kubu Raya.

Sementara itu, Plt. Ketua GOPTKI Kabupaten Kubu Raya Marlina mengatakan bahwa sampai saat ini, Pemerintah Daerah dan swasta dapat berjalan dengan baik dalam menjalankan peran masing-masing dalam mengupayakan pendidikan usia dini seperti TK dengan baik.

Di bidang pendidikan peran Pemerintah, pemerintah Daerah, dan Lembaga Pendidikan Swasta saling mengisi, dan saling membantu. Kenyataan pemerintah daerah tidak mampu kalau semua ditanggung dan dikerjakan sendiri oleh pemerintah daerah.

"Oleh karena itu dalam keluarga melalui orang tua murid perlu ada kesamaan persepsi dan sinergi dalam pendidikan anak usia dini baik formal, non-formal maupun informal, sehingga pembentukan karakter anak dapat terlaksana dan pendidikan di rumah harus sejalan dengan pendidikan di sekolah/lembaga agar pembentukan karakter bangsa bisa terwujud," kata Marlina.

Marlina menjelaskan di Kubu Raya GOPTKI akan melaksanakan beberapa agenda resmi dalam mengupayakan peningkatan kualitas dan SDM guru-guru TK di Kubu Raya bersama dengan Dinas Pendidikan Kubu Raya.

Dia mengatakan pendidikan TK saat ini sudah sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk menyiapkan generasi yang cerdas dan berkarakter dalam menghadapi tantangan jaman. Untuk itu, SDM tenaga pendidik dan pendamping TK juga harus ditingkatkan," katanya.




(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016