Singkawang (Antara Kalbar) - Polres Singkawang telah melakukan pemasangan kamera di helm dan kendaraan patroli lalu lintas yang bertujuan untuk menghindari dari berbagai pelanggaran.

"Baik itu pelanggaran yang dilakukan oleh Polri sendiri, maupun pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara," kata Kasat Lantas Polres Singkawang, Iptu Fauzan, Senin.

Yang dimaksud Fauzan pelanggaran yang dilakukan oleh Polri itu salah satunya untuk menghindari adanya pungutan liar (pungli) yang dilakukan anggota polisi selama di lapangan.

Menurutnya, pemasangan kamera di helm maupun kendaraan patroli ini merupakan program dari Kapolri yaitu Promoter (profesional, modern dan terpercaya) untuk di aplikasikan ke dalam ITE.

"Sehingga, kita tidak lagi melihat pelanggaran secara kasat mata, tapi dilakukan dengan perekaman," tuturnya.

Di era digital sekarang ini, terang Fauzan, maka pihaknya harus bisa menyesuaikan daripada kemajuan teknologi khususnya dari jajaran Satlantas Polres Singkawang.

"Jadi pemasangan kamera tidak hanya dilakukan di helm tapi juga di mobil patroli," katanya.

Menurutnya, kamera yang terpasang akan terkoneksi langsung ke Singkawang Comand Center (SCC) Polres Singkawang.

Namun, kamera itu dipasang bukan hanya ditumpukan kepada pelanggaran saja, tapi juga terkait dengan pelayanan seperti pengawalan.

Mengingat Singkawang tidak lama lagi akan ada pesta demokrasi, khususnya pada masa kampanye nanti, Fauzan mengingatkan kepada tim pasangan calon dan masyarakat untuk selalu tertib dalam berlalu lintas.

"Jadi sambil kita melakukan tugas, kita juga mengimbau dan mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu tertib dalam berlalu lintas," katanya. 

(KR-RDO/R021)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016