Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Berli Hamdani menegaskan penyebaran virus zika sampai saat ini belum ditemukan di daerah setempat.

"Untuk identifikasi masyarakat yang terkena penyakit itu masih belum ditemukan di Kubu Raya, terlebih kita belum mendapatkan informasi resmi mengenai virus tersebut di Kalbar," katanya di Sungai Raya, Senin.

Meski belum terdeteksi adanya penyebaran virus tersebut, pihaknya tetap akan melakukan edukasi dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait virus zika tersebut.

"Hal ini jelas perlu dilakukan, untuk mengantisipasi virus zika. Selain itu, kita juga menghimbau terutama ibu hamil agar tidak bepergian ke negara-negara yang saat ini sudah terjangkit virus zika seperti Singapura dan Malaysia," tuturnya.

Menurutnya, virus zika ini akan mudah tertular bagi ibu-ibu hamil, mengingat kondisi ibu hamil dinilai rentan terkena virus tersebut.

Dijelaskannya, penyebaran virus zika saat ini tidak hanya terjadi di Amerika dan Tiongkok saja namun sudah menyebar di negara wilayah Asia Tenggara.

"Tentunya kondisi ini harus diwaspadai oleh masyarakat, terutama di Kubu Raya agar tidak terjangkit virus zika," katanya.

Berli menambahkan, berdasarkan informasi yang didapat pihaknya dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, sampai saat ini wilayah Kalimantan Barat masih aman dari penyebaran virus zika.

"Kita akan terus memantau perkembangannya ke depan dan melakukan berbagai upaya antisipasi dengan memberikan penguatan kepada semua tenaga kesehatan di tingkat kecamatan dan desa," kata Berli. 

(KR-RDO/M019)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016