Pontianak (Antara Kalbar) - Sebanyak 439 jemaah haji asal Kalimantan Barat yang tergabung dalam kloter 11 tiba dengan selamat di Asrama Haji Kota Pontianak, Kamis.

Dari jemaah haji yang tiba sebanyak 439 orang itu, jika digabung dengan petugas maka total ada 444 orang. Kedatangan pertama kali jemaah asal Kota Singkawang dan Kabupaten Sanggau sebanyak 142 orang.

"Yang baru saja datang hari ini jumlahnya ada 439 orang, terdiri atas jemaah Singkawang 78 orang dan Sanggau 64 orang. Kemudian kedatangan kedua jemaah haji asal Sanggau 18 orang, TPHD satu orang, Kapuas Hulu 96 orang dan Ketapang 37 orang," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kalimantan Barat Syahrul Yadi di Pontianak.

Kemudian lanjutnya, kedatangan ketiga pukul 16.00 WIB jemaah asal Ketapang sebanyak 145 orang, dimana untuk proses kedatangan tersebut, jemaah dalam kondisi sakit diprioritaskan tiba pertama kali di Asrama Haji, yakni satu dari Pontianak dan tiga dari Singkawang.

Dia menambahkan, sesuai jadwal, jemaah asal Pontianak masuk dalam kloter 12 dan akan tiba Jumat (30/9). Jemaah asal Pontianak yang sakit atas nama Hartini.

"Karena kondisinya sakit, jadi jemaah disegerakan keberangkatannya," kata dia.

Syahrul memastikan kondisi seluruh jemaah yang tiba ini dalam keadaan baik. Jemaah yang sakit, menurutnya hanya karena kelelahan fisik begitu tiba di kampung halaman.

Meski memastikan dalam kondisi yang baik, Syahrul tetap mengingatkan agar jemaah mesti menjalani pemeriksaan kesehatan.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Jawani menyebutkan ada tiga jemaah yang tiba dalam kondisi sakit. Ketiganya yakni Urai Nursina, Sahdiah dan Maryam.

Dari tiga jemaah itu, Urai Nursina harus mendapat perawatan medis lanjutan. Rencananya jemaah asal Singkawang ini akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Soedarso.

"Rujukan ke rumah itu sesuai permintaan keluarga. Untuk dua jemaah lainnya akan diantar hingga ke tempat tinggalnya," kata Jawani.

Secara keseluruhan, lanjut dia, jemaah asal Singkawang sebanyak 80 orang. Namun yang tiba hari ini hanya 78 orang. Dua jemaah lainnya tidak pulang ke Pontianak.

"Dua jemaah pulang ke Solo. Jadi hanya 78 jemaah saja yang tiba hari ini," katanya. 
 
(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016