Singkawang (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan dan Aset (DPPKA) Kota Singkawang, Muslimin berharap agar Pemerintah Kabupaten Bengkayang segera menyerahkan aset Sambas tahap satu sebanyak 169 unit kepada pemerintah kota setempat.

"Hal ini saya tegaskan, lantaran dalam waktu dekat Pemkab Sambas kembali akan menyerahkan aset tahap dua sebanyak 60 buah ke Singkawang," kata Muslimin, Jumat.

Muslimin mengungkapkan, jika ini merupakan hasil dari koordinasi pihaknya dengan Pemkab Sambas pada Rabu kemarin.

"Dalam koordinasi yang kita lakukan kemarin, intinya Pemkab dengan DPRD Sambas secepatnya akan menyerahkan kembali aset tahap dua kepada Pemkot Singkawang," ujar Muslimin.

Menurutnya, aset tahap dua yang akan diserahkan Pemkab Sambas ini ada sebanyak 60 unit.

"Proses penyerahannya akan dilakukan setelah ada persetujuan secara administrasi dari DPRD Sambas. Karena berdasarkan aturan, harus ada dua lembaga yang harus bertanda tangan yakni Bupati dan DPRD, begitu juga pada saat proses penyerahan aset," tuturnya.

Namun, berdasarkan koordinasi pihaknya kemarin, yang juga sempat dihadiri DPRD Sambas, secara tegas menyatakan akan memproses secepatnya surat persetujuan itu.

Masalahnya, kata Muslimin, apabila persetujuan dari Bupati dan DPRD Sambas sudah ada, maka aset tahap dua tersebut, terlebih dahulu akan di serahkan ke Pemkab Bengkayang.

"Sedangkan yang tahap satu saja sampai saat ini penyerahan administrasi dari Bengkayang ke Singkawang masih belum tuntas. Berarti menumpuk nanti aset-aset itu," kata Muslimin.

Pihaknya sangat disayangkan, lanjut Muslimin, pada pertemuan dirinya dengan Pemkab Sambas kemarin, tak ada satupun dari Bengkayang yang ikut hadir.

"Baik dari Pemkab (Bupati) maupun dari DPRD nya tidak ada yang hadir," katanya.

Atas kondisi itu, lanjut Muslimin, ada rencana Bupati Sambas untuk memerintahkan Sekda dengan DPRD Sambas untuk menyambangi Pemkab Bengkayang.

Kedatangan mereka, tutur Muslimin, untuk membantu percepatan penyerahan aset tahap satu dari Pemkab Bengkayang ke Pemkot Singkawang.

"Kalau berdasarkan pertemuan kemarin, mereka (Pemkab Sambas) mengagendakannya minggu depan ke Bengkayang," tuturnya.

Jadi Pemkot Singkawang masih menunggu hasil pertemuan yang sudah diagendakan Pemkab Sambas itu nanti. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016