Pontianak  (Antara Kalbar) - Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Adi Suryanto memuji inovasi-inovasi yang telah dilakukan Pemerintah Kota Pontianak dalam memberikan pelayanan.

"Inovasi-inovasi dari setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di jajaran Pemkot Pontianak merupakan orisinil atau asli dari ide dan gagasan yang dihasilkan jajaran SKPD Pemkot Pontianak, sehingga sangat membanggakan," kata Adi Suryanto seusai meninjau stand usai peresmian pembukaan Pameran Pekan Laboratorium Inovasi Daerah dan Pameran Produk Unggulan Khas Daerah di Pontianak Convention Centre, Jumat.

Menurutnya, inovasi yang membanggakan adalah inovasi dimana ketika orang melihatnya ada perubahan yang lebih baik dari sebelumnya. Indikator itu menjadi parameter suatu inovasi yang membanggakan.

"Sah-sah saja meniru dan ditiru dalam proses belajar, termasuk replikasi dalam inovasi. Bila ada daerah-daerah yang memiliki keterbatasan, tidak perlu pusing-pusing membuat inovasi baru. Mereka bisa saja mereplikasi daerah-daerah yang sudah sukses menerapkan inovasinya," ungkapnya.

Hal itu, menurut dia, sebagai proses pembelajaran inovasi yang akan terus berkembang. "Itu merupakan tahap awal dalam merubah sesuatu menjadi lebih baik, siapa tahu kita punya gagasan orisinil dan bisa direplikasi orang lain," ujarnya.

Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan Informasi Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Muhammad Imanudin, menilai inovasi-inovasi yang lahir dari jajaran Pemkot Pontianak sebagai suatu kemajuan yang membanggakan.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengatakan, dari inovasi-inovasi yang lahir dari jajaran Pemkot, tidak sedikit pejabat di jajarannya diundang untuk menjadi pemateri di kabupaten/kota dalam rangka perbaikan tata kelola pemerintahan.

"Saya menyampailkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada LAN dan Kemenpan-RB yang selama ini telah menyemangati kami untuk terus melakukan perbaikan tata kelola pemerintahan melalui inovasi-inovasi yang akan terus kami lakukan," katanya.





Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016