Pontianak  (Antara Kalbar) - Anggota KPU Provinsi Kalimantan Barat, Kasiono mengatakan saat ini KPU Kabupaten Landak dan Kota Singkawang sedang mempersiapkan pengadaan alat peraga kampanye sebagai persiapan pemilihan kepala daerah di dua daerah itu, 2017 mendatang.

"Saat ini KPU sedang melakukan proses lelang untuk pengadaan alat peraga kampanye, dimana proses lelang tersebut saat ini sedang berjalan," kata Kasiono di Pontianak, Jumat.

Namun, katanya, untuk kabupaten Landak, karena beberapa waktu lalu proses lelang pengadaan alat peraga kampanye tersebut sempat gagal, dimana perusahaan peserta lelang tidak memenuhi syarat, sehingga kepesertaannya harus dibatalkan.

"Pembatalan itu dilakukan karena perusahaan lelang tidak bisa menunjukkan mesin percetakan yang memadai untuk mencetak alat peraga kampanye tersebut. Namun, sudah ada penggantinya dan dalam waktu dekat, akan segera diproses," tuturnya.

Sementara untuk kota Singkawang, pemenang lelangnya sudah diketahui dan sedang dalam proses pengerjaan.

Terkait pelaksanaan pilkada Singkawang dan Landak, pihaknya terus melakukan pemantauan, dimana saat ini, KPU kota Singkawang dan Kabupaten Landak sedang melakukan pemutakhiran data pemilih.

"Dimana sampai satu pekan kedepan, masyarakat yang belum terdaftar, diminta untuk mendatangi KPU setempat untuk memverifikasi diri," katanya.

Sementara itu, KPU Singkawang telah menetapkan sebanyak delapan lokasi yang terbagi dalam empat zona untuk pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang melakukan kampanye terbuka (rapat umum) di kota itu.

"Untuk Zona 1 Terminal Induk, Zona 2 lapangan Motor Cross dan lapangan Garuda di Jl Demang Akub, Singkawang Utara," kata Ketua KPU Singkawang, Ramdan, di Singkawang.

Sedangkan untuk Zona 3 di Stadion Kridasana. Dan Zona 4 RT 04 Kelurahan Bagak Sahwa, RT 08 Kelurahan Nyarumkop, lapangan Sepak Bola Marhaban dan lapangan Kali Asin.

Terkait dengan jadwal pelaksanaan kampanye ini, ujar Ramdan, akan dimulai sejak 28 Oktober sampai 11 Februari 2017.

Untuk kabupaten Landak, sampai hari ini, Pasangan calon bupati dan wakil bupati tunggal di Landak, Karolin Margret Natasa dan Herculanus Heriadi melalui ketua tim kampanye, Heri Saman, telah menyerahkan berkas Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) kepada KPU Landak sebesar Rp3,4 miliar lebih.

"Terkait dana kampanye pasangan calon sudah melaporkan tiga rangkap. Satu rangkap akan kita tempel di papan pengumuman dan satu kita sampaikan ke aplikasi," kata Ketua KPU Landak Lomon dikonfirmasi usai rapat.

(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016