Pontianak (Antara Kalbar) - ASUS kembali membombardir jagat gamer dengan merilis varian notebook gaming terbarunya yang telah dipersenjatai teknologi grafis Ndivia Pascal. Kekuatan tersebut terselip di dalam tubuh ASUS ROG G752VS dan GL502VS.

Edo Jonathan Chandea, selaku Product Marketing ROG mengatakan,
Pasca Nvidia meresmikan kehadiran graphic card terbarunya pada Maret lalu, ASUS langsung menyambut secara antusias kemunculan chip grafis ini, kemudian menanamkannya pada dua perangkat gaming mutakhirnya. Baik G752VS maupun GL520VS, mengadopsi VGA card yang sama yakni Nvidia GTX1070.

Sebagai pemilik brand Republic of Gaming, ASUS tentu saja fokus untuk selalu menghadirkan perangkat gaming mumpuni, yang mampu memberikan pengalaman bermain diatas rata-rata.

"Hal ini semata agar para penggemar setia notebook-notebook gaming Republic of Gamers selalu mampu merasakan teknologi unggulan terbaru, untuk mendapatkan kepuasan performa yang maksimal,"ungkap Edo kepad awak media saat konfrensi pers di Hotel Aston Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis.

Dia menambahkan, ASUS merupakan vendor notebook pertama yang menghadirkan notebook gaming berkekuatan Pascal di pasaran dengan seri ROG GL502VS.

"Notebook ini telah tersedia resmi di Indonesia dan sudah bisa langsung dibeli oleh para gamers enthusiast," imbuh Edo.

Sebelum ini, ASUS ROG GL502 menawarkan performa gaming kelas berat melalui chip grafis GTX 970M dengan video memori 6GB. "Melalui GL502VS, ASUS meningkatkan kembali performa kartu grafisnya melalui dukungan GTX1000 series, atau grafis yang dikenal dengan terknologi Nvidia Pascal," sebutnya.

Sebagai informasi, grafis berbasis Pascal merupakan GPU pertama yang dibuat dengan 16 nanometer FinFET fabrication technology. Di dalamnya, terdapat 150 miliar transistor yang akan menghasilkan performa tertinggi namun di saat yang sama juga menawarkan efisiensi energi yang sangat baik untuk berbagai kebutuhan komputasi.

Edo kembali menjelaskan, teknologi chip grafis berarsitektur Pascal mampu memberikan performa grafis yang sangat mumpuni pada sebuah notebook. Bahkan, kekuatannya mampu mengalahkan Graphics Processing Unit (GPU) sebelumnya yakni GTX980 yang diperuntukan bagi dekstop.

Ia dipersenjatai oleh prosesor Intel Core i7-6700HQ dan RAM yang juga telah ditingkatkan menjadi 32GB DDR4. Kapasitas media penyimpanannya mencapai 1000 GB dengan harddisk berkecepatan 7200 rpm. Storage tersebut masih ditambah dengan SSD berukuran 256 GB yang menawarkan kecepatan read/write yang lebih tinggi.

Edo kembali menambahkan, sisi grafisnya, notebook ini dibekali dengan chip NVIDIA GeForce GTX 1070 dengan memori sebesar 8 GB GDDR5. Display-nya yang dilapisi matte panel, memiliki bentang layar 15,6 inci, serta mempunyai resolusi Full HD dengan aspect ratio 16:9 yang telah mendukung G-Sync.

"Tentunya dari spesifikasi yang sangat gahar tersebut, bisa dipastikan berbagai game masa kini bisa dijalankan dengan mudah oleh para gamers,"katanya.

Menurut Edo, jika dilihat dari beberapa sudut yang berbeda, panel aluminium pada cover notebook ini memberikan pantulan cahaya berkilau yang sangat mewah. Dengan ketebalan 3cm, dan bobot hanya 2,3Kg, ASUS ROG GL502VS merupakan salah satu notebook gaming tertipis di kelasnya.

Keyboard Lengkap dan Sistem Pendingin Ganda

GL502VS menggunakan full-size chicklet keyboard yang dilengkapi dengan backlight dan jarak tekan sebesar 1,6 milimeter yang memastikan kenyamanan pengguna dalam bermain.

"Tak hanya itu, ASUS juga memperhatikan kebutuhan para gamers, oleh karena itu, ASUS menambahkan tanda khusus di tombol WASD untuk memudahkan pengguna saat bermain dalam suasana redup,"katanya.

Yang menarik keyboard yang digunakan pada notebook Strix ini sudah mendukung 30 keys anti-ghosting keyboard. Dengan fitur ini, para gamers dapat memainkan game sambil menekan berbagai kombinasi tombol di keyboard sekaligus untuk menjalankan instruksi atau melakukan gerakan tertentu di dalam game tanpa masalah.

"Pengguna juga tidak perlu khawatir akan suhu berlebih. ASUS yang merupakan produsen utama motherboard di dunia telah mempersiapkan teknologi Hyper Cool duo-copper thermal solution yang diletakkan pada CPU dan GPU notebook ASUS ROG GL502VS untuk menghasilkan pendinginan maksimal,"ungkap Edo.

Di samping itu ujarnya lagi, ASUS juga menyertakan fitur IceCool Technology yang menjaga bagian notebook yang tersentuh telapak tangan tetap dingin.

Pengalaman Multimedia Bertenaga

Dilengkapi kartu grafis Nvidia GeForce GTX1070 dengan memori 8GB GDDR5 128-bit, notebook ini didesain untuk menunjang game berat. Dengan spesifikasi kartu grafis kelas menengah keatas, tentu saja berbagai game berat dengan teknologi terbaru bisa dijalankan dengan resolusi dan detail yang tinggi.

Selain performanya yang memukau, kartu grafis ini juga sudah mendukung port HDMI 4K2K output jika anda ingin menggabungkan dengan monitor atau bermain di layar yang lebih besar dengan resolusi maksimal.
Sebagai tambahan, ASUS turut melengkapi teknologi terbaru pada notebook ini dengan port USB Type-C (USB 3.1 Gen 2) dengan kecepatan transfer data yang tinggi hingga 20Gbps. Port USB Type-C ini pun memiliki bentuk yang kecil dan simetris, sehingga mempermudah pemasangan ke port USB tanpa khawatir terbalik.

Di Indonesia, perangkat gaming kelas elit yang portable ini ditawarkan dengan harga Rp30.299.000,00 yang telah dilengkapi dengan mouse serta headset gaming di dalamnya serta Windows 10 Home didalamnya.

ASUS ROG G752VS, Notebook Terkuat dengan GTX 1070

Untuk yang satu ini, kata Edo, ASUS G752VS merupakan line up notebook gaming terbaru di 17 inci. Ugrade yang disediakan adalah teknologi graphics card mutakhir buatan Nvidia seri ke-10. Versi tersebut merupakan generasi VGA yang diperkenalkan Nvidia baru-baru ini, yang tentu saja lebih kuat dan mumpuni dari generasi pendahulunya.

“Kehadiran notebook gaming ROG G752VS tentu semakin mempertegas komitmen ASUS untuk selalu mempersembahkan gaming machnine yang mumpuni bagi kalangan gamer,” tuturnya.

Edo menambahkan, ASUS ROG G752VS dirancang dengan berbagai macam pembaruan dari aspek dapur pacu. Pada prosesor digunakan Intel generasi ke-6 core i7-6820HK yang merupakan prosesor versi unlock sehingga dapat di overclock performanya.

Kata Edo lagi, G752VS pun telah mendukung teknologi Virtual Reality (VR) dan memiliki RAM DDR4 sebesar 64GB. Kartu grafis yang digunakan pada G752VS adalah Nvidia 1070 dengan video memori sebesar 8GB berjenis DDR5.

Menurut Edo, Graphics Processing Unit (GPU) merupakan VGA yang dipersiapkan khusus untuk perangkat mobile oleh Nvidia. "Yang menarik, grafis berbasis arsitektur Pascal 16 nanometer ini didesain berbeda dengan generasi terdahulu," imbuhnya lagi.

Jika Nvidia grafis versi mobile generasi sebelumnya merupakan grafis versi desktop yang dipangkas berbagai fiturnya, grafis Nvidia 1000 series pada notebook memiliki fitur sama dengan varian desktop. Dengan efisiensi energi yang sudah lebih baik, hanya nominal Thermal Dissipation Power (TDP) saja yang diturunkan. Artinya, performanya tetap gahar bagaikan performa grafis kelas desktop.

Tak hanya itu, gamers pun dimanjakan dengan penyimpanan ekstra lega mencapai 1TB yang terdiri dari 2 buah storage berjenis SSD berukuran 512GB NVME PCIEx4. Hal ini tentu akan semakin menambah keseruan dalam bermain karena gamer bisa menyimpan game dalam jumlah banyak di dalamnya. Dengan menggunakan SSD pun membuat sistem akan mampu berjalan lebih lancar dan cepat.
Masih mengantongi rancangan desain Iron Man style, mata para gamer akan dimanjakan dengan resolusi layarnya yang mencapai Ultra HD atau 4K yang telah dilengkapi dengan teknologi G-SYNC.

Menurutnya, teknologi G-SYNC akan mensinkronisasi refresh rate display dengan GPU, menghilangkan screen tearing dan meminimalisir lag. Hasilnya, tampilan tampak instan, objek terlihat lebih tajam dan gameplay menjadi sangat lancar.


Solusi Pendingin Cerdas dan Berlimpah

Sistem pendinginan pada ROG G752 dirancang menggunakan teknologi dual copper (menggunakan dua kipas dan pendinginan berbahan tembaga) untuk menjaga suhu tetap rendah, bahkan selama sesi overclocking demi menjamin stabilitas. Kipas pendinginnya juga telah dipasang di GPU dan CPU untuk memaksimalkan efisiensi kinerja.

Di dalam mesin game mutakhir tersebut, terpasang tiga buah heatpipe (pipa pengalir panas) yang mengarah langsung pada GPU untuk mengeluarkan hawa panas. Suhu panas yang dialirkan itu dipastikan tidak akan mengganggu kenyamanan pengguna. Ini dikarenakan ventilasi udara telah didesain secara apik untuk membuang panas ke belakang laptop bukan ke samping ataupun bawah.

Solusi kedua, ASUS juga merupakan produsen notebook gaming pertama di dunia yang telah membenamkan notebook gamingnya dengan teknologi bernama 3D Vapor Pipe Chamber untuk mengangkal panas. Teknologi tersebut akan bekerja ketika perangkat mulai terdeteksi mereproduksi suhu panas berlebihan pada komponen CPU dan GPU. Nantinya panas yang dikeluarkan itu akan langsung dinetralisir oleh cairan (liqiud) yang terdapat pada ruang uap vapor tersebut.

Tidak hanya itu, ROG G752 juga memiliki solusi manajemen panas bernama Anti Dust Thermal Tunnel. Fitur tersebut secara ekslusif didesain untuk membuang debu dan kotoran yang dapat menumpuk pada kipas sehingga tidak menempel pada heatpipe. Hal tersebut juga akan meningkatkan performa dari cooling sytem.

"Pada keyboardnya, ASUS pun telah mendukungnya dengan fitur Anti Ghosting keyboard. Fitur tersebut memungkinkan para gamer menekan hingga 30 tombol pada waktu bersamaan tanpa mengalami gangguan," kata Juliana. "Ada pula fitur tombol makro yang dapat menambah pengalaman bermain game semakin nyaman," ungkapnya.

Dalam paket pembelian turut dibundling secara gratis ROG Gaming mouse serta headset untuk pengguna. Di Indonesia, notebook gaming yang disediakan bersama sistem operasi bawaan Windows 10 ini dibanderol seharga Rp59.299 juta.

Dimotivasi oleh inovasi dan berkomitmen pada kualitas, ASUS berhasil memenangkan 4.368 penghargaan di tahun 2015. Saat ini ASUS memiliki lebih dari 16.000 orang karyawan di seluruh dunia, dimana 5.200 orang di antaranya adalah insinyur di tim R&D (riset dan pengembangan) berkelas dunia. ASUS sangat fokus untuk menyediakan produk berkualitas dengan desain yang menarik.

Di Indonesia, pada semester pertama 2016, IDC melaporkan bahwa di bisnis Notebook di Indonesia, ASUS terus tumbuh pesat meski telah menempati posisi pertama sejak akhir tahun 2013 lalu, dan kini menguasai 37,32 persen pasar. Selisihnya dengan produsen terbesar kedua di Indonesia telah mencapai 12,66 persen. Di Industri notebook kelas performa berbasis Nvidia GTX, pangsa pasar ASUS tercatat mencapai 72 persen.

Di industri Smartphone, menurut data GfK hingga kuartal pertama 2016, ASUS meraih posisi sebagai TOP 2 brand di Indonesia dengan 10,4 persen pasar. Sedangkan di bisnis Desktop PC, ASUS berada di posisi ketiga dengan market share 18,23% berdasarkan data IDC kuartal pertama 2016.

ASUS juga mendapatkan TOP Brand Award untuk kategori bisnis notebook di tahun 2016 dan juga WOW Brand Award di tahun 2015 untuk kategori bisnis Smartphone.

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016