Pontianak  (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus mengajak pemuda di kabupaten itu untuk menjadi agen perubahan dalam peranan pembangunan bangsa.

"Pemuda harus jadi agen perubahan. Pemuda Kubu Raya sebagai bagian dari pemuda Indonesia harus mengambil peran sebagai agen-agen perubahan bangsa yang dapat dimulai dari peran aktif dan inovatif di daerah," kata Hermanus di Sungai Raya, Selasa.

Menurutnya, pemuda Indonesia harus tetap tegak lurus menguatkan komitmen dan konsistensi dalam perannya sebagai "moral force and agent of change" (gerakan moral dan agen perubahan).

Pemuda harus hadir dan mampu menumbuhkembangkan aspek etis dan moralitas dalam bertindak pada setiap dimensi kehidupan.

Dia meminta agar seluruh pemuda Kubu Raya terus bergerak dan konsisten berperang melawan bahaya narkoba, menjaga peradaban dan melestarikan budaya dan adat istiadat sebagai identitas dan kekayaan bangsa.

"Juga menentang masuknya ideologi radikal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa. Terus menjadi penegak serta pengawal moral dan karakter bangsa menjadi agenda utama yang tidak boleh diabaikan, menjaga dan melestarikan budaya dan adat istiadat serta menjaga peradaban bangsa" tuturnya.

Pemuda pun disebut Hermanus harus berperan sebagai sosial control dengan menguatkan wawasan kebangsaan. Juga membangkitkan kesadaran atas tanggung jawab, hak, dan kewajiban sebagai warga negara, serta meningkatkan partisipasi dalam perumusan kebijakan publik.

"Pemuda harus tetap berkomitmen dan konsisten untuk berperang melawan pengangguran, kemiskinan dan persoalan sosial bangsa Indonesia, sebagai kontrol sosial, pemuda juga harus sigap dan hadir membantu saudara-saudara kita yang menderita," kata Hermanus.

Ditempat yang sama, Penasehat Ikatan Pemuda Dayak Kubu Raya (IPDKR) Kartius meminta agar pemuda-pemuda Kalimantan Barat khususnya di Kubu Raya yang tergabung dalam IPDKR mampu menjadi pelopor dalam menjaga keutuhan bangsa.

"Pemuda harus bisa menjaga martabat bangsa dan martabat masyarakat Kalimantan Barat dengan segala kekayaan budaya, seni dan adat istiadatnya," katanya.

Kartius juga meminta agar Pemuda Dayak Kubu Raya mampu menjadi agen untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta membangun kesetiakawanan sosial.

"Untuk terus menjadi pemuda pelopor, pemimpin yang handal dan kuat dalam melakukan terobosan dan mendobrak setiap kebuntuan dalam kehidupan berbangsa dan negara, memperkuat persatuan dan kesatuan serta memperkuat kesetiakawanan sosial di antara pemuda dan bangsa Indonesia," tutur Kartius.

(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016