Sekadau (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Sekadau Aloysius kembali mengingatkan warga agar tidak terpancing berbagai isu dari pemberitaan yang tidak jelas, serta media sosial yang mengandung SARA yang dapat memecah belah persatuan dan kebersamaan kerukunan di Kabupaten Sekadau.
   
Hal itu ia sampaikan saat mewakili Bupati Sekadau Rupinus melakukan Safari Natal 2016 di Dusun Jopo, Desa Cupang Gading, Kecamatan Sekadau Hulu.
   
Ikut hadir dalam Safari Natal sejumlah Kepala Kantor SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau, Kepala Cabang Bank Kalbar, Kepala PAMD Sirin Meragun, Kepala RSUD, Camat Sekadau Hulu, Kapolsek, Koramil, dan jajarannya, para kepala desa, pemuka agama, tokoh masyarakat, serta seluruh warga dusun.
   
Ia juga mengajak warga yang merayakan Natal maupun Tahun Baru agar tidak berlebih-lebihan, serta tetap menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.
   
"Merayakan diharuskan bagi umat Kristen, Katolik, Protestan namun jangan berlebih-lebih, namun kalau mampu tidak salah juga, yang jelas sesuai dengan kemampuan, saya percaya dengan demikian tidak mengurangi arti Natal dan Iman kita pada Tuhan," ujarnya.
   
Sementara bentuk perhatian pemkab, kepada masyarakat baik Natal maupun hari raya keagamaan lainnya seperti Lebaran, dengan memberi bantuan. Meski tidak besar namun diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik dan dijaga.
   
"Jangan nilai dari apa dan berapa bantuan yang diberikan namun pergunakanlah bantuan tersebut dengan baik," kata dia.
   
Safari Natal merupakan kegiatan rutin dari Pemerintah Kabupaten Sekadau, tujuannya adalah untuk bersilahturami dengan warga yang merayakannya.
  
 "Meski tidak semua desa bisa  atau kampung kita kunjungi, tapi dengan cara bergilir, bergantian, demikan juga pada saat Safari Lebaran," ujar Aloy.
   
Ia menambahkan, Sekadau merupakan kabupaten dengan beraneka ragam suku dan agama. "Kesatuan dan persatuan antar sesama, hidup rukun antara satu suku agama lainnya merupakan dambaan kita semua, karna damai itu indah," kata dia.
   
Camat Sekadau Hulu Yanson dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kegiatan tersebut. Ia juga menyampaikan situasi dan kondisi, baik sosial Ekonomi, warga Sekadau hulu.
  
 "Ucapan syukur pada Tuhan yang maha kuasa atas kehadiran Wakil Bupati dan rombongan di Dusun  Jopo ini, terkait situasi dan kondisi warga sampai saat ini aman, dan terkendali," kata Yanson.
   
Kata Yanson, menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, harga dan  kebutuhan pokok terbilang stabil, dan terpenuhi.
   
"Meski harga karet, sawit naik turun atau belum sepenuhnya stabil, namun kita harapkan harga kebutuhan tidak naik hingga Hari Raya Natal dan Tahun Baru mendatang," ujar dia.
   
"Masyarakat Desa Cupang Gading membaur, meski beda agama suku dan sebagainya, namun Puji Tuhan, Ahamdulilah, sampai saat ini aman dan terkendali, untuk itu kita himbau kepada masyarakat agar tidak terpancing isu yang ingin memecah belahkan kebersamaan warga," paparnya.
   
Tetkait masalah penyakit yang dapat ditularkan anjing yakni rabies, Camat mengatakan baru baru ini pihak kecamatan dan Dinas Pertanian dan pertenakan, Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau telah melakukan pencegahan dengan vaksinasi anjing warga.
   
"Kepada warga yang memilihara anjing yang belum mendapat Vaksinasi kita harapkan melaporkan pada kepala dusun dan desa, desa kita minta untuk melakukan pendataan anjing warga yang belum divaksin," kata Yanson.
   
Sementara Pastor Paroki Rawak Agustinus menyampaikan terima kasih pada pemkab yang telah melaksanakan Safari Natal di wilayah kerjanya.
   
"Tidak semua semua Umat mendapat kunjungan Wakil Bupati Sekadau, namun kita bersyukur wakil bupati bisa datang Tuhan memberkatinya dan Pemerintah daerah," ucap Pastor dengan diakhiri Pembacaan Alkitab yang terambil dalam Injil Matius 3: 1-12.
   
Akhir acara dimeriahkan penampilan penari dari anak kelas 1 dan 2 SDN No 21 Jopo, dan persembahan lagu rohani dari pemuda pemudi Katolik setempat.

Pewarta: Gansi/Humas Pemkab Sekadau

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016