Pontianak (Antara Kalbar) - PT Pelabuhan Indonesia II mengundang para pecinta fotografi di Kalimantan Barat untuk mengikuti lomba dengan lokasi pemotretan di areal Pelabuhan Pontianak pada tanggal 18 Desember 2016 dan total hadiah puluhan juta rupiah.
    Menurut Senior Deputy Vice President Komunikasi Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II, Sofyan Gumelar saat dihubungi di Pontianak, Kamis, lomba tersebut mengangkat tema tentang Modernisasi Pelabuhan Pontianak. "Ini merupakan rangkaian dari kegiatan serupa di beberapa pelabuhan lain di lingkungan Pelindo II," kata dia.
    Ia menjelaskan, Photo Hunting Competition ini terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia berumur 15 tahun ke atas dan berdomisili di Indonesia. Kegiatan dilaksanakan dalam 1 (satu) hari di Pelabuhan Pontianak. Bagi peserta yang mendaftar, akan mendapatkan spot objek foto, souvenir, dan snack.
    Penilaian antara lain mencakup dari beberapa aspek antara lain Nilai Sosial dari lokasi atau tempat merupakan kawasan yang memiliki makna khusus sebagai tempat kegiatan tertentu yang melibatkan masyarakat atau sekelompok orang dan memiliki peran sebagai unsur pembentuk citra kota (pembentuk, pengisi, penanda, dsb).
    Kemudian, Nilai Arsitektur. Artinya, lokasi atau tempat memiliki bangunan dengan perpaduan bentuk, struktur, dan bahan yang unik dan menarik. Lalu, Nilai Ilmu dari    lokasi atau tempat atas capaian penting dalam sejarah. "Nilai Keaslian Bentuk dan Pemamfaatan, lokasi atau tempat masih mempertahankan komponen dan pemanfaatan aslinya," kata dia.
    Calon peserta dapat mendaftar ke panitia yakni Lavanda 0858 8027 3614 dan Raisa 0813 1869 0979 (melalui whatsapp & SMS) dengan format yang telah disiapkan. Biaya pendaftaran hanya Rp20 ribu yang dibayarkan di lokasi saat pendaftaran ulang.
    Kegiatan dan pendaftaran ulang peserta dimulai pukul 07.00 WIB, pendaftaran ulang ditutup setelah jumlah peserta memenuhi kuota, atau selambat-lambatnya pukul 12.00 WIB.     Peserta wajib menyerahkan fotonya kepada panitia paling lambat pukul 17.00 WIB. Panitia menyediakan card reader dan laptop untuk pengumpulan foto, proses uploading peserta akan dibantu tim panitia, peserta hanya menyerahkan fotonya dalam format soft copy JPEG.
    Panitia akan membagi peserta dalam kelompok berjumlah masing-masing 50 orang per kelompoknya. Setiap kelompok akan didampingi petugas lapangan yang akan membawa peserta ke masing-masing spot pemotretan dengan batas waktu yang telah ditentukan.
    Penjurian akan akan dilaksanakan 1 (satu) hari setelah pelaksanaan Photo Hunting Competition dan pengumuman pemenang akan dikeluarkan 1 (satu) hari setelah  penjurian melalui Media Sosial Twitter @Indonesiaport dan Facebook Indonesiaport. Penyerahan hadiah akan dikonfirmasi kemudian dan dilakukan secara terpisah.
    Lokasi pengambilan foto hanya diperbolehkan di dalam atau sekitar kawasan Pelabuhan yang ditentukan oleh panitia dengan mempertimbangkan aspek-aspek termasuk keselamatan dan kelancaran operasional pelabuhan.
    Peserta dapat menggunakan kamera DSLR dan atau kamera mirrorless. Tidak diperkenankan mengikutsertakan foto yang diambil menggunakan kamera HP, kamera pocket non-mirrorless, kamera GoPro atau sejenisnya dan kamera drone atau kamera pesawat tak berawak.
    Karya yang dilombakan berbentuk foto tunggal, ukuran sisi terpanjang 3000 pixel, resolusi 300 dpi dengan format JPEG. Setiap peserta dapat mengajukan maksimal 10 (sepuluh) karya foto.
    Bagi yang ingin mengikuti lomba ini, dapat menghubungi panitia atau klik : http://bit.ly/2f7Hljv. Buruan, peserta dibatasi.


Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016