Pontianak(Antara Kalbar) - Wali Kota Pontianak Sutarmijdi mendorong kepengurusan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Pontianak yang baru dikukuhkan untuk terus berinovasi dan kreatifitas untuk kemajuan kerajinan.

"Dekranasda saya harapkan mampu kreatif dan terus berinovasi dalam membawa kerajinan Kota Pontianak bersaing dengan produk kerajinan dari daerah lainnya," ujarnya di Pontianak, Sabtu.

Sutarmijdi menilai potensi daya saing yang dimiliki Kota Pontianak sudah cukup tinggi. Hal itu dapat dilihat dengan sejumlah penghargaan, mulai tingkat nasional hingga internasional berhasil diraih Kota Pontianak.

"Dalam membuat sebuah program yang perlu diperhatikan adalah bagaimana sebuah kota bisa memiliki daya saing yang unggul. Barusan Pontianak dinobatkan sebagai kota inovasi terbaik di Indonesia dengan jumlah seratus lebih inovasi," kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Dekranasda Kota Pontianak Lismaryani Sutarmidji menuturkan, dengan dikukuhkannya kepengurusan Dekranasda ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam mengembangkan program UMKM.

"Jadi produk-produk yang dihasilkan ini bisa mengembangkan usaha para pengrajin dengan mempromosikannya. Selain produk-produk makanan dan kerajinan, Dekranasda juga akan mengembangkan desain kain khas Kota Pontianak seperti corak insang," kata dia.

Ia menjelaskan Dekranasda merupakan wadah pembinaan pengrajin dan pemberdayakan masyarakat dengan melakukan kegiatan kreatif dan produktif. Apalagi, di tengah era persaingan global dewasa ini.

"Kami berharap juga peran kami dapat membantu menciptakan kecintaan terhadap produk lokal. Pengurus akan membangun kesadaran masyarakat untuk membeli produk lokal," ujarnya.

(U.KR-DDI/S027)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016