Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Singkawang memastikan Pasar Alianyang akan dioperasikan menjelang (sebelum) bulan suci Ramadhan tahun 2017.

"Kita pastikan Pasar Alianyang akan dioperasikan menjelang (sebelum) bulan suci Ramadhan tahun 2017," kata Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Singkawang, Hendryan.

Saat ini, katanya, pembangunan Pasar Alianyang hampir selesai, hanya ada empat item saja yang belum terbangun.

Empat item ini antara lain, belum adanya aliran listrik, kekurangan halaman parkir, pemasangan instalasi dan menara air, dan pemasangan air bersih dari PDAM, katanya.

Menurut dia, Pasar Alianyang ini akan diprioritaskan kepada pedagang kaki lima (PKL) yang memang belum mendapatkan fasilitas khususnya di Pasar Beringin Singkawang.

"Jika kita prediksikan ada sekitar 280 PKL Pasar Beringin yang akan di relokasi ke Pasar Alianyang. Dan mungkin lebih dari itu. Selebihnya ini yang masih kita pikirkan akan dipindahkan ke mana," ungkapnya.

Pihaknya juga akan mengupayakan perparkiran di Pasar Alianyang dengan menggunakan "sistem gate". Karena dengan sistem gate ini, diyakini akan menambah pendapatan asli daerah (PAD) Singkawang.

"Berdasarkan hitungan kita, akan ada sebanyak 20 persen pendapatan (kotor) dari perparkiran sistem Gate ini masuk ke PAD Singkawang setiap tahunnya," tuturnya.

Untuk itulah, pihaknya akan memfokuskan perparkiran sistem gate di Pasar Alianyang Singkawang.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017