Sintang (Antara Kalbar) - Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disporaparekraf) Kabupaten Sintang akan menggelar Festival Kelam Hill  yang dijadwalkan pada pertengahan tahun mendatang serta mengundang tamu dari berbagai negara.
    Kepala Disporaparekraf Kabupaten Sintang Hendrika mengatakan Festival Kelam Hill merupakan kegiatan besar untuk mempromosikan wisata di Kabupaten Sintang. "Festival ini diharapkan akan mengangkat nama daerah dan untuk perkembangan pariwisata. Sehingga Sintang akan dikenal oleh manca negara," harapnya.
    Hendrika menargetkan dengan digelarnya Festival Kelam Hill, akan banyak investor yang menanamkan modalnya di Kabupaten Sintang, terutama dibidang kepariwisataan. Selain itu, melalui festival ini, Pemkab Sintang mengharapkan kunjungan wisatawan asing ke daerah ini meningkat.
    Dia menjelaskan, Festival Kelam Hill ini merupakan event besar yang terdiri dari pameran UMKM, perlombaan olahraga, festival budaya dan festival produk unggulan yang semuanya dipusatkan di Bukit Kelam.
    "Dalam waktu dekat, kami akan ekspose rencana festival ini ke Kementerian Pariwisata. Rencananya festival ini akan digelar pada juli atau Agustus mendatang," katanya.
    Melalui kegiatan mempromosikan objek wisata Bukit Kelam, Disporaparekraf Sintang juga akan mendorong para pemuda Sintang untuk kreatif. Terutama dalam kegiatan ekonomi. Untuk itu, sejumlah program mewujudkan pemuda kreatif sedang disiapkannya.
    "Saya akan membuat pelatihan keterampilan ekonomi kreatif untuk para pemuda. Semua bakat dan talenta pemuda harus bisa disalurkan, agar mereka menjadi kreatif dan berprestasi dibidang olahraga," ujarnya. "Kami akan meningkatkan frekuensi pelatihan untuk para atlet olahraga di desa dan kecamatan. Dunia olahraga di desa dan tingkat kecamatan harus terbina dengan baik," janjinya.


Pewarta: Faiz

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017