Pontianak (Antara Kalbar) - DPRD Singkawang menyatakan siap membantu pembangunan menara induk Masjid Raya Singkawang yang sudah lama terbengkalai.

"Kita siap membantu untuk menyelesaikan pembangunan menara induk Masjid Raya Singkawang. Apalagi pembangunannya sudah lama terbengkalai, sehingga tidak enak di pandang mata," kata Ketua DPRD Kota Singkawang, Sujianto, Minggu.

Ketua DPC PDI-P Singkawang ini juga meminta agar panitia transparan. Dalam artian, berapa jumlah dana yang dibutuhkan atau berapa jumlah dana yang masih kurang.

"Kita ingin tahu dulu, berapa jumlah dana yang dibutuhkan atau berapa jumlah dana yang masih kurang," tuturnya.

Menurutnya, bantuan untuk penyelesaian pembangunan menara induk Masjid Raya Singkawang bisa bermacam-macam cara.

"Bisa menggunakan dana hibah atau dana pihak ketiga, atau menggerakkan dana umat untuk turut membantu menyelesaikannya," katanya.

Namun apabila menggunakan dana hibah, kata Sujianto, maka harus diketahui dulu berapa dana yang ada sekarang ini.

"Ini penting karena terkait dengan pertanggungjawaban, termasuk berapa dana yang dibutuhkan, dan yang paling penting adalah transparansi atau keterbukaan," katanya.

Secara terpisah, Mantan Ketua Pengurus Masjid Raya Singkawang, H Ruslan Karim mengatakan, pembangunan menara induk Masjid Raya Singkawang hingga kini belum terealisasi. Hal itu dikarenakan masih terkendala dengan biaya.

"Dulu pada saat renovasi Masjid Raya pada 2008 RAB-nya membutuhkan dana sekitar Rp7,4 milyar, tapi mampu kami tekan dananya sekitar Rp4,3 milyar. Begitu juga dengan menara induk masjid raya yang tingginya sekitar 63 meter belum dapat kami selesaikan," kata Ruslan Karim.

Sehingga, panitia dimasa kepemimpinannya hanya mampu menyelesaikan pembangunan menara induk Masjid Raya Singkawang hingga 28 meter.

Dikatakan Ruslan, konsep awal dari pembangunan menara induk masjid Raya Singkawang ini sebenarnya menggunakan lif, sehingga pengunjung masjid dapat melihat Kota Singkawang secara keseluruhan.

Walaupun dia bukan lagi sebagai ketua pengurus masjid, namun dirinya sangat senang apabila ada pihak lain yang ikut memikirkan pembangunan menara masjid.

"Total dana perkiraan untuk pembangunan menara induk Masjid Raya adalah sebesar Rp5 miliar. Tapi, semakin ke atas maka penyelesaiannya akan semakin murah," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017