Singkawang (Antara Kalbar) - Jajaran TNI-AD di wilayah Kota Singkawang menggelar Apel Siaga Gelar Pasukan di halaman Makorindam XII/TPR, Kamis.

"Apel Siaga Gelar Pasukan ini melibatkan sebanyak 174 personil yang terdiri dari satu SST Rindam XII/Tpr, satu SST Brigif 19/Khatulistiwa, satu SST Kodim 1202/Skw, satu SST Yonif Raider 641/Bru, dan Subdenpom XII/1-1 Singkawang," kata Danrindam XII/TPR, Kol Inf Khairul Anwar Mandailing.

Alasan dilaksanakan apel siaga tersebut, adalah dalam rangka pengamanan perayaan Paskah (yang merayakan kebangkitan Yesus) bagi umat Kristiani yang akan dilaksanakan dari tanggal 13-16 April 2017.

Disamping itu, apel siaga ini juga merupakan instruksi langsung Bapak Pangdam XII/TPR untuk menjaga situasi wilayah Kalbar umumnya dan Singkawang khususnya pada perayaan Paskah bagi umat Kristiani.

Sebagaimana diketahui, ujarnya, bahwa pelaksanaan Paskah akan dilaksanakan selama empat hari, dari tanggal 13-16 April 2017.

"Mengacu dari kejadian Bom bunuh diri di Gereja Mesir pada perayaan Paskah, dengan demikian kita harus jeli dan waspada untuk meningkatkan naluri intelijen kita di lapangan, jangan lengah dan selalu waspada dan waspada," tegasnya.

Dikatakan dia, mungkin anggota bertanya-tanya kenapa tiba-tiba ada apel siaga.

"Ingat kita ini tentara, yang siap di gerakkan dan bergerak kapanpun. Tunjukkan jika kita ini satuan tempur khususnya Yonif Raider 641/Bru dan semua yang merasa anggota TNI kapan pun kita harus siap jika negara membutuhkan," ujarnya.

Hal itu ditegaskan dia, lantaran TNI berasal dari rakyat untuk rakyat dan demi rakyat serta terakhir kembali kepada rakyat.

Usai menggelar apel pasukan, kegiatan dilanjutkan dengan aktraksi demo Pam VVIP atau tergabung Satgas Tirai dan patroli Ran Roda Dua dengan mengatasi tawuran antar masyarakat.

Kemudian, kegiatan dilaksanakan dengan patroli secara rutin dan teracak. "Diharapkan yang tertua susun di lapangan agar kegiatan pengamanan bisa berjalan dengan lancar," katanya.

Pada pelaksanaan pengamanan nanti, Khairul juga meminta agar anggota dapat bersikap santun terhadap masyarakat khususnya yang akan merayakan Paskah demi terlaksananya perayaan Paskah bagi umat Kristiani bisa berjalan dengan aman dan lancar.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017