Mempawah (Antara Kalbar) - Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Mempawah, Wandayantolis mengungkapkan analisis curah hujan pada sepuluh hari pertama (dasarian I) bulan April 2017 di Kalimantan Barat secara umum berada pada kategori rendah hingga menengah (20-150 mm).

"Terdapat daerah dengan kejadian hujan tinggi (151-200 mm) yang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kapuas Hulu dan Sanggau," terangnya.

Berdasarkan pantauan kondisi dinamika atmosfer pada dasarian I terpantau ENSO dan Dipole Mode netral, hal ini diperkuat oleh Suhu Muka Laut di perairan sekitar Kalimantan Barat cenderung netral yang menyebabkan potensi pembentukan awan dan hujan kurang signifikan.

"Curah Hujan pada Dasarian II Bulan April 2017 di Kalimantan Barat diprakirakan berkisar antara 20 hingga 100 mm per dasarian. Adapun suhu rata-rata diprakirakan akan  berkisar antara 27°C hingga 29°C dimana wilayah pesisir cenderung lebih hangat dibanding daerah hulu," kata Wandayantolis.

Lebih lanjut dikatakan Suhu permukaan laut berada dalam kondisi sama dengan normalnya dan cenderung lebih hangat, hal ini diprakirakan akan mempengaruhi kondisi curah hujan di wilayah Kalimantan Barat yang cenderung bertambah di dasarian II bulan April 2017.

"Kondisi curah hujan yang diprakirakan meningkat dengan kategori sedang hingga lebat, hendaknya memberikan kewaspadaan bagi masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi terhadap dampak dari peningkatan curah hujan," imbaunya.

Pewarta: Aries Zaldi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017