Singkawang (Antara Kalbar) - Dinas Perhubungan Kota Singkawang, akan mendeklarasikan Forum Perhubungan melibatkan kabupaten Bengkayang dan Sambas (Singbebas).

"Hal-hal yang berkaitan dengan perhubungan tidak selamanya berada di satu kota saja, tetapi juga akan bersinggungan dengan daerah sekitarnya seperti Sambas dan Bengkayang," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Singkawang, Sumastro, di Singkawang, Kamis.

Terkait dengan itu, lanjutnya, Kota Singkawang berencana melakukan Deklarasi Forum Perhubungan antara Singkawang, Bengkayang, dan Sambas (Singbebas).

Dalam forum itu, pihaknya akan membicarakan masalah pergerakan lalu lintas. Karena, masalah lalu lintas tidak hanya menyangkut wilayah Singkawang saja, tapi juga ke daerah sekitar seperti Sambas dan Bengkayang.

"Inilah pentingnya program terpadu lintas kabupaten/kota," tuturnya.

Sumastro mengungkapkan, deklarasi ini bertujuan untuk membentuk program terpadu lintas kabupaten/kota.

Sehingga, melalui Forum Perhubungan Singbebas ini diharapkan bisa menyasar pada berbagai aspek yang berkaitan dengan perhubungan.

Dimana nantinya masing-masing dapat berbagi kelebihan dan saling menutupi kekurangan.

"Kerjasama ini tentu tujuannya untuk membangun jika ada kemampuan yang tidak dimiliki daerah lain bisa kesini begitu pula sebaliknya," ungkapnya.

Misalnya, kata Sumastro, razia gabungan, kemudian pelayanan terpadu pengujian KIR, sehingga dengan forum perhubungan ini persoalan akan lebih mudah dihadapi.

Diakuinya, kerjasama antar kabupaten/kota ini pernah ia lakukan saat menjabat di Bappeda. Dimana hasil yang diperoleh memang lebih baik dan memberikan manfaat.

"Dulu pernah saya lakukan saat di Bappeda, saat ini saya akan coba di perhubungan," tuturnya.

Menurutnya, semangat otonomi bukan saling bersaing tapi berbagi untuk kemajuan. "Mengingat kita ini dalam bingkai yang lebih luas, masih dalam pemerintah daerah Kalbar," katanya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017