Mempawah (Antara Kalbar) - Analisis curah hujan pada sepuluh hari kedua (dasarian II) bulan April 2017 di Kalimantan Barat dikabarkan bervariasi pada kategori Rendah hingga Tinggi yakni berkisar 20-300 milimeter.

"Daerah dengan curah hujan tinggi terjadi di Kalimantan Barat bagian tengah. Berdasarkan pantauan kondisi dinamika atmosfer pada dasarian II terpantau ENSO, Dipole Mode, dan Suhu Muka Laut masih berada dalam kondisi netral," kata kepala Stasiun BMKG Mempawah, Wandayantolis.

Sementara curah hujan pada Dasarian III Bulan April 2017 di Kalimantan Barat diprakirakan berkisar antara 50 hingga 150 milimeter per dasarian. Adapun suhu rata-rata diprakirakan akan berkisar antara 27 derajat celsius hingga 29,5 derajat celsius.

"Dimana wilayah pesisir cenderung lebih hangat dibanding daerah hulu. Dengan masuknya musim pancaroba peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, kondisi cuaca sering berubah secara drastis dalam waktu yang singkat," jelasnya.

Dengan kondisi cuaca yang diprakirakan cepat berubah ini masyarakat diimbau untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh agar tetap bugar dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.


Pewarta: Aries Zaldi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017