Singkawang (Antara Kalbar) - Sekretaris panitia Seleksi Penerimaan Calon Taruna, Fery Subekti mengatakan, sebanyak 15 peserta dari Singkawang dinyatakan lolos pada Tes Kemampuan Dasar Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).

"Ada sebanyak 15 peserta yang lolos Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang sudah kita gelar di SMKN 2 Singkawang, 25 April kemarin," kata Fery, di Singkawang, Selasa.

Menurutnya, ada 13 lokasi yang melaksanakan TKD, Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) ini. Diantaranya, BKN Pusat, Kantor Regional (Kanreg) Jakarta, Medan, Palembang, Banjarmasin, Pekanbaru, Aceh, Mataram, Padang, BKD Ambon, dan Singkawang.

"Untuk Singkawang ada 30 peserta yang terdaftar untuk mengikuti TKD," ujarnya.

Dari jumlah peserta yang mendaftar, terangnya, yang hadir mengikuti tes hanya sebanyak 29 orang. Kemudian dari 29 peserta, yang memenuhi "passing grade" hanya 15 peserta.

Kepada peserta yang dinyatakan lolos, diharapkan untuk tidak berbesar hati. Pasalnya, masih ada 5 tahapan tes lagi yang akan dilalui para peserta.

"Artinya setelah tes TKD, akan ada lima tahapan lagi yaitu tes potensi akademik, kesehatan, psikotes, kesamaptaan dan wawancara. Yang mana untuk tahapan selanjutnya tes akan di pusatkan di Provinsi Kalbar," jelasnya.

Tujuan digelarnya tes Sipencatar adalah untuk mempercepat proses pemenuhan SDM di daerah khususnya di bidang perhubungan darat.

"Mengingat di pusat juga sedang melakukan moratorium PNS, sehingga kita di daerah diberikan kesempatan untuk memenuhi SDM ASN di daerah," tuturnya.

Untuk tes jadwal selanjutnya, dirinya akan mengumumkannya melalui via online portal Sipencatar.co.id sehingga bisa dipantau masyarakat publik.
(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017