Singkawang (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Singkawang, melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan setempat, menggelar lomba cipta menu beragam bergizi seimbang dan aman, Rabu.

"Ada sembilan peserta yang mengikuti, kegiatan tersebut, yakni dari Kecamatan Singkawang Utara tiga peserta, Kecamatan Singkawang Selatan tiga peserta, Kecamatan Singkawang Tengah satu peserta, dan Kecamatan Singkawang Timur dua peserta," kata Kasi Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Singkawang, Anis di Singkawang.

Digelarnya lomba ini, terang dia, dalam rangka mensosialisasikan menu beragam bergizi seimbang kepada masyarakat, terutama kepada ibu-ibu rumah tangga.

Diharapkan nantinya menu-menu ini diterapkan di rumah tangganya masing-masing. "Karena yang kita tampilkan inikan merupakan sumber daya lokal," ujarnya.

Disisi lain, kegiatan lomba ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman setiap individu dalam menerapkan konsumsi Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) khususnya ibu rumah tangga yang bertanggung jawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga.

Menurutnya, para peserta lomba bebas memilih menu, hanya tinggal bagaimana peserta yang menyusun resep menu. "Jadi melalui lomba ini, peserta diharapkan dapat berkreasi menciptakan/mengembangkan resep yang beragam, bergizi seimbang, dan aman berbasis sumber daya lokal serta dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari," ujarnya.

Dalam kegiatan itu juga, pihaknya mendatangkan tim penilai sebanyak lima orang. Yang berasal dari Ikaboga, PKK, Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian Kota Singkawang. "Totalnya ada lima orang tim penilai," ungkapnya.

Adapun yang dinilai dari lomba tersebut, antara lain, keseimbangan menu, keragaman pangan, cita rasa, kreativitas, penyajian tampilan dan keamanan pangan.


(U.KR-RDO//N005) 

Pewarta: Rudi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017