Pontianak  (Antara Kalbar) - Harga bawang putih di sejumlah pasar di Kota Pontianak dalam seminggu terakhir mengalami kenaikan yang signifikan dan saat ini sudah mencapai Rp55.000 per kilogram.

"Kenaikan harga ini memang jauh sekali dibandingkan harga normal. Waktu harga normal bawang putih hanya kisaran Rp36.000 ribu per kilogram," ujar satu di antara pedagang Pasar Flamboyan Pontianak, Hanyan, Kamis.

Hanyan menjelaskan faktor kenaikan harga ia tidak mengetahui secara pasti. Hanya saja kata dia memang harga bawang putih sudah dari distributornya.

"Bawang putih ini naik kami tidak tahu. Yang jelas bawang putih ini semua impor," kata dia.

Sementara kata dia untuk bawang merah saat ini masih stabil dengan harga kisaran Rp25.000 - Rp28.000. Kemudian untuk harga barang lainnya juga masih normal tidak ada kenaikan yang signifikan.

"Untuk kacang tanah saat ini Rp24.000 per kilogram, kacang hijau Rp22.000 per kilogram, bawang telur Rp14.000 dan cabai kering Rp40.000," kata dia.

Satu di antara ibu rumah tangga di Pontianak, Pontiana Banjari mengaku cukup khawatir dengan kenaikan bawang merah. Menurutnya selain membebankan untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari juga takut mendorong kenaikan sembako lainnya seperti harga bawang merah.

"Harapan kita pemerintah segera memantau kondisi yang ada dan memberikan solusi seperti ada operasi pasar. Apalagi menjelang puasa nanti hal ini harus diperhatikan," kata dia.


(U.KR-DDI/N005) 

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017