Pontianak (Antara Kalbar) - Ketua Umum Panitia Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat Nasional 2018, dr Karolin Margret Natasa mengharapkan agar even yang akan dilaksanakan di Kota Pontianak 2018 mendatang, bisa memberi kontribusi besar dalam berbagai sektor bagi Kalimantan Barat.

"Karena dipercayakan untuk menjadi tuan rumah dalam kegiatan Pesparawi tingkat nasional tahun 2018 mendatang, saya mengharapkan agar kegiatan skala nasional ini bisa memberikan kontribusi yang besar bagi Kalbar. Baik itu pariwisata, ekonomi maupun investasi dan lain-lain," kata Karolin di Pontianak, Sabtu.

Menurutnya, kegiatan itu merupakan sebuah peluang bagi pihaknya dan pemerintah Kalimantan Barat untuk memperkenalkan daya tarik serta khasanah budaya yang ada di provinsi itu.

Dia mengatakan, untuk memaksimalkan perhelatan kegiatan itu, pihaknya terus melakukan berbagai persiapan mulai saat ini. Demikian dengan berbagai rapat bersama pengurus dan panitia.

Terkait dengan kesiapan panitia Pesparawi Nasional 2018 mendatang, Bupati terpilih Kabupaten Landak ini juga menyampaikan bahwa panitia telah melaksanakan rapat koordinasi secara intens bukan hanya terkait dengan seremonial saja tetapi kesiapan kontingen Kalimantan Barat dalam mengikuti pertandingan tersebut.

"Kami sebagai panitia telah melakukan rapat koordinasi antar bidang internal untuk mempersiapkan kegiatan tersebut, dimulai dari acara pembukaan, tahapan perlombaan hingga pada saat penutupan semua kami bahas secara detail. Selain itu kami juga membahas persiapan kontingen Kalbar yang akan bertanding nanti," tuturnya.

Karolin mengatakan, hal yang dapat dilakukan pihaknya kedepan adalah melaksanakan safari Pesparawi ke daerah-daerah dengan melaksanakan kegiatan KKR di kabupaten/kota se Kalbar.

"Tentunya kami juga menyiapkan `coaching clinic` vokal untuk memberikan pelatihan vokal secara khusus kepada umat dimana kegiatan KKR itu akan dilaksanakan" ujar Karolin.

Dia juga menambahkan bahwa safari Pesparawi ke daerah itu memiliki tujuan untuk memberikan pelatihan musik gereja khususnya vokal kepada umat di daerah agar lebih paham tentang bagaimana cara bernyanyi yang baik dan benar.

"Kita ingin agar safari Pesparawi yang akan diadakan nanti dapat memberikan kesan bahwa Pesparawi Nasional yang akan digelar 2018 mendatang benar-benar menjadi Pesta seluruh masyarakat di Kalbar. Jadi tidak terkesan even ini hanya milik Kota Pontianak sebagai tempat diselenggarakannya even ini," tuturnya.

Dirinya juga ingin kegiatan itu dapat meningkatkan kualitas seniman gereja di daerah, memberikan pembelajaran tentang metode bernyanyi yang benar kepada umat di daerah.*

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017