Putussibau (Antara Kalbar) - Bulog Putussibau selain mendistribusikan beras sejahtera (rastra) ke daerah sekitar ibu kota, juga ke daerah perbatasan Indonesia-Malaysia di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

 "Kami menjangkau hingga Kecamatan Puring Kencana, kecamatan yang berbatasan langsung dengan Malaysia bahkan paling ujung di wilayah Kapuas Hulu," kata Kepala Kansilog Putussibau, Halpid Handi Agus Agus di Putussibau, ibu kota Kapuas Hulu, Rabu.

Ia menjelaskan, di daerah perbatasan ada lima kecamatan, yaitu Embaloh Hulu dengan distribusi rastra sebanyak 42,120 ton, Batang Lupar 30,780 ton, Badau 24,300 ton, Empanang 20,700 ton, dan Puring Kencana sebanyak Rp25. 020 ton.

"Infrastruktur menuju Puring Kencana cukup sulit, kondisi jalan dan terutama jembatan rusak berat, bahkan di beberapa wilayah itu belum ada jembatan sehingga harus melewati sungai," tutur Agus.



 Jumlah rastra se-Kapuas Hulu berdasarkan data Januari-Juni 2017 sebanyak 1.150,7 ton, untuk 23 kecamatan termasuk daerah perbatasan.

 Agus mengatakan, selain ke perbatasan, dalam waktu dekat ini Bulog Putussibau juga mendistribusikan rastra ke beberapa kecamatan termasuk untuk jalur Sungai Kapuas di antaranya Kecamatan Selimbau, Jongkong, Bunut Hilir, Silat Hulu, Silat Hilir, Suhaid, Seberuang, dan Hulu Gurung.

(T.KR-TFT//A013) 

Pewarta: Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017