Pontianak (Antara Kalbar) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus melanjutkan perluasan layanan 4G LTE ke berbagai wilayah nusantara, termasuk di wilayah Kalimantan Barat yang juga mendapatkan kesempatan yang sama untuk bisa memanfaatkan layanan internet cepat.

"Sejak April 2017 kami secara massif memperluas layanan 4G LTE ke berbagai wilayah layanan XL Axiata. Tidak hanya di kota-kota besar, namun juga kota-kota menengah dan kecil," kata Vice President (VP) XL Axiata North Region, Handono Warih, saat peluncuran XL 4G di Pontianak, Kamis.

Ia mengatakan Kalbar adalah daerah di mana permintaan atas layanan data terus menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam dua tahun terakhir. Oleh karena itulah pengembangan jaringan 4G LTE tidak bisa lagi ditunda-tunda sebagai jawaban atas kebutuhan pelanggan tersebut.

Warih menjelaskan saat ini sudah ada delapan kota atau kabupaten di Kalbar yang terjangkau jaringan layanan 4G LTE. Kedelapan daerah tersebut meliputi Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Ketapang, Mempawah, Bengkayang, Sambas, Singkawang, dan Sanggau.

"Kita berkomitmen secara bertahap, XL Axiata akan terus meningkatkan kualitas jaringan dengan menambah area cakupan layanan di setiap kota, termasuk menambah jumlah BTS 46," jelasnya.

Saat ini kata dia total BTS 4G yang telah tersedia di seluruh Kalbar adalah 36 unit dan akan segera bertambah 94 BTS 4G lainnya.

"Hingga akhir tahun 2017 nanti akan ada 38 kabupaten atau kota di Kalimantan yang akan menikmati layanan 4G LTE dari XL," katanya memaparkan.

Ia menyebutkan cakupan layanan 4G LTE diprioritaskan di area-area yang memang paling membutuhkan akses internet cepat dan data digital, seperti pusat pemerintahan, bisnis, perdagangan, area publik dan pendidikan.

"Di Kota Pontianak sudah ada beberapa area publik yang sudah terjangkau layanan 4G LTE dari XL, di antaranya pusat Pemerintahan Kota Pontianak, Universitas Tanjungpura, Mall Ayani, HP Center Khatulistiwa Plaza, Pelabuhan Pontianak, Alun-Alun Kapuas, Tugu Khatulistiwa, Taman Digulis, Bandar Udara Supadio, area Kopi Central Gajah Mada dan lain-lain," katanya.

Saat ini menurutnya total jumlah pelanggan XL Axiata di seluruh Kalbar lebih dari 225 ribu pelanggan. Sebanyak 73 persen di antaranya secara aktif menggunakan layanan data.

"Kenaikan trafik layanan data terutama dipicu oleh akses fitur video dan akses ke berbagai media sosial. Dengan jaringan 4G LTE, maka akses pada konten-konten berkapasitas besar akan lebih baik, cepat, dan stabil. Keunggulan kini akan sangat cocok untuk dimanfaatkan oleh masyarakat, termasuk mendukung kinerja bisnis perorangan maupun usaha kecil menengah," kata dia.

Dalam peluncuran layanan 4G LTE di Pontianak hadir, Chief Commerce XL Axiata Kirill Mankovski, GM LTE Execution Assurance XL Axrata Ronhugo Verry Leonard Tambunan, GM Finance & Management Services XL Axiata North Region Mozes Haryanto Baottong, dan Regional Marketing Manager (RMM) XL Axiata North Region Luce Lolo.


(U.KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017