Pontianak (Antara Kalbar) - Kasatlantas Polres Sambas, AKP Saiful Bahri mengatakan pihaknya dalam menghadapi lebaran tahun ini melakukan sejumlah langkah di antaranya penertiban kendaraan dan melakukan pemeriksaan terhadap taksi-taksi tanpa izin.

"Penertiban kendaraan yang kita lakukan tersebut untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, baik itu sebelum idulfitri, saat idulfitri maupun sesudahnya," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Selasa.

Ia menambahkan bahwa pihaknya juga akan memeriksa kelayakan angkutan umum yang beroperasi di daerah tersebut. Hal itu dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

"Kita sama-sama dinas perhubungan melakukan pengecekan transportasi umum apa layak pakai atau tidak dioperasionalkan untuk melayani masyarakat," kata dia.

Lanjut Jajang, pihaknya juga akan melakukan penambahan pos keamanan yakni di Dusun Telok Kalong, Teluk Keramat dan Aruk Sajingan.

"Sebelumnya kita mempunyai tiga Pos Pam yakni di Pemangkat, Tebas dan Sambas. Namun dari yang ada kita berencana menambah lagi namun semuanya akan menunggu arahan dari Kapolda Kalbar," jelasnya.

Dikatakan Jajang keinginan melakukan penambahan dua tempat tersebut lantaran dari hasil evaluasi tahun sebelumnya memang sudah sangat dibutuhkan Pos Pam tersebut.

"Daerah Teluk Kalong merupakan daerah penyeberangan orang dan barang dan selalu ramai. Sehingga itu perlu ada Pos Pam untuk mengantisipasi tindakan kejahatan. Begitu juga di Aruk, mendekati lebaran akan banyak TKI kita yang pulang. Untuh menghindari pencalonan dan tindakan kriminal dan lainnya terhadap TKI maka hal itu juga penting dihadirkan," kata dia.

(U.KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017