Pontianak (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengharapkan program Nusantara Sehat yang dilaksanakan di kabupaten yang dipimpinnya tersebut dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

"Pemkab Kubu Raya telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) Pelaksanaan Program Nusantara Sehat (NS) dengan Menteri Kesehatan (Menkes)RI belum lama ini. Kita harapkan, dengan adanya program ini, dapat meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat di Kubu Raya," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Minggu.

Menurutnya, pemkab Kubu Raya akan merasa sangat terbantu dengan adanya program tersebut, karena saat ini kabupaten itu masih mengalami banyak tenaga kesehatan. Melalui program Nusantara Sehat tersebut, maka akan ada tambahan tenaga kesehatan, meski statusnya tidak tetap.

"MoU itu sendiri dilakukan untuk mendukung penugasan khusus tenaga kesehatan dalam mendukung Pelaksanaan Program Nusantara Sehat (NS) Kemenkes RI di Kubu Raya," tuturnya.

Rusman Ali menyatakan tim Nusantara Sehat(NS) merupakan implementasi dari program Indonesia Sehat yang terdiri dari tiga komponen yaitu mewujudkan paradigma sehat,penguatan pelayanan kesehatan dan jaminan kesehatan nasional.

Ditambahkan Rusman Ali melalui program tersebut diharapkan Kemenkes RI bersama pemerintah daerah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota mampu meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan yang berkualitas secara terintegrasi,terpadu dan komprehensif sebagai wujud tanggung jawab negara yang hadir ditengah-tengah masyarakat.

"Adanya Tim Nusantara Sehat diharapkan dapat meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan primer yang dapat dijangkau masyarakat.Untuk Kabupaten Kubu Raya," tuturnya.

Dirinya menyatakan bangga dengan adanya MoU tersebut. Karena dapat menjadi percontohan pelayanan kesehatan terpadu di Kabupaten Kubu Raya.

"Kita yakin bangkit dan kesehatan adalah salah satu visi misi kita," katanya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017