Pontianak (Antara Kalbar) - Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat menggelar pasar murah di Dusun Balai Peluntan, Desa Balai Peluntan, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak, yang dipadati ratusan umat Muslim setempat.

"Kegiatan pasar murah ini sudah tertuang dalam DKA Disperindag dimana ini menjadi kegiatan tahunan yang selalu dilaksanakan setiap menjelang perayaan hari besar keagamaan. Kali ini kita melaksanakannya di Kecamatan Jelimpo dan kita pilih dusun yang terjauh untuk membantu masyarakat muslim dalam mendapatkan sembako murah menjelang Lebaran," kata ketua Tim PKK Kalbar, Frederika Cornelis di Ngabang, Jumat.

Pada kesempatan itu, Frederika mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini, terutama kepada anggota PKK yang telah menjadi penggerak dalam melaksanakan kegiatan itu.

Adapun yang dijual dalam kegiatan itu antara lain, telur, susu, tepung, beras, sirup, bawang putih, dan lain-lain.

Dijelaskannya, dipilihnya Dusun Balai Pelutan itu berdasarkan usulan dari Gubernur Kalbar, Cornelis yang menyarankan agar kegiatan ini dilaksanakan disana.

Pemilihan lokasi itu dikarenakan melihat jarak Dusun yang jauh dari pasar dan letak geografisnya yang cukup sulit dijangkau sehingga harga kebutuhan pokok disana cukup tinggi.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dalam membeli kebutuhan pokok untuk melaksanakan Lebaran nanti," kata Frederika.

Di tempat yang sama, Gubernur Kalbar, Cornelis mengatakan kegiatan pasar murah adalah upaya pemerintah meringankan beban masyarakat dengan melaksanakan kegiatan pasar murah.

Pasar Murah itu diadakan untuk membantu saudara-saudara muslim yang kurang mampu dan daerah yang jauh serta terpencil.

"Ini yang bisa kami lakukan dan sudah dilakukan kurang lebih 10 kali. Ini bentuk kepedulian dari pemerintah untuk membantu masyarakatnya," kata Cornelis.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalbar, Muhammad Ridwan menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau. Terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah, keluarga pra sejahtera yang ada di Kabupaten Landak.

"Ini kerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kalbar. Dalam pelaksanaan juga didukung para pelaku usaha, distributor serta jajaran pemerintah Kabupaten Landak, Kecamatan Jelimpo dan Desa Balai Peluntan," katanya.

Beberapa produk yang dijual yakni sembako yang dijual dengan harga murah sehingga dapat dijangkau setiap lapisan masyarakat.

Seperti minyak goreng yang dijual hanya Rp10 ribu, gula Rp10 ribu, beras Rp8 ribu per kilogram, tepung terigu Rp 6 ribu per kilogram, tepung gula Rp6 ribu per kilogram, mentega Rp5 ribu, susu kaleng Rp7 ribu, sirup marjan Rp13 ribu per botol dan sirup ABC Rp10 ribu per botol.

Ada juga Kacang atom Rp30 ribu per kilogram, kacang medan Rp35 ribu per kilogram. Bawang putih Rp25 ribu per kilogram, Indomie Rp1.500 per bungkus, telur Rp1.350 per butir dan juga beberapa ikan laut yang hanya dijual Rp10 ribu per kilogram.

Wakil Bupati Landak, Herkulanus Heriadi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Tim Penggerak PKK yang telah peduli pada Kabupaten Landak selama menjabat.

"Terima kasih untuk kegiatan pasar murah bukan hanya di Desa Balai Peluntan, tetapi di 13 kecamatan. Tiap titik diadakan oleh gubernur dan Tim Penggerak PKK," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017