Parindu (Antara Kalbar) - Sejumlah ruko di Pasar Bodok, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Senin (19/6) sekitar pukul 23.35 WIB terbakar.
   
Kali ini kebakaran yang menghanguskan sedikitnya 10 pintu rumah toko (ruko), terletak di ruas jalan Merdeka, Desa Pusat Damai, kota Bodok.
   
Sejauh ini, tak ditemukan ada korban jiwa. Namun kerugian ditaksir mencapai milyaran rupiah. Sementara, penyebab kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan dan penyidikan pihak berwajib.
   
Untuk menjinakkan si jago merah ini, setidaknya sebanyak 17 mobil pemadam, yang datang dari berbagai wilayah diantaranya Kecamatan Paridu, Kecamatan Sanggau Kapuas, Kecamatan Tayan Hulu, Kecamatan Kembayan, Kecamatan Batang Tarang, Kecamatan Bonti, Kecamatan Sekayam dan Kabupaten Landak.
   
Para petugas pemadam tersebut, terlihat berjibaku memadamkan api yang terlihat buas melahap satu demi satu bangunan-bangunan tersebut. Namun, akhirnya si jago merah bisa dijinakkan setelah memerlukan waktu beberapa jam.

Baca juga: (Puluhan Ruko di Pasar Bodok Ludes Terbakar)

Adapun bangunan ruko yang ludes dilahap si jago merah itu Toko Sahabat Baru, Warkop Harmoni, gudang PT Indomarco, Toko Anggun  dan Minimarket Bintang Timur.
  
"Kami masih ngobrol-ngobrol, tahu-tahu mendadak listrik padam. Dan tak lama kami dengar ada kebakaran di pasar. Kemudian kami pergi ke lokasi kejadian ini," ujar F Kusnadi salah seorang warga Parindu, di lokasi kejadian.
  
Menurut Kusnadi, asal api mulai terlihat dari bangunan sebuah gudang yang berada di lokasi terbakar tersebut. "Saya lihat dari gudang itu, pas saya ke lokasi ini api baru menghanguskan bangunan sebelahnya," ujar dia.
 
Baca juga: (Tim Inafis Polda Kalbar Periksa Kebakaran Pasar Bodok)

Sementara, Kabag Ops Polres Sanggau Kompol Ayin Nurrohman mengatakan,  ada tujuh pintu bangunan yang betul-betul ludes terbakar. Kemudian untuk penyebab akan dilaksanakan penyelidikan dan penyidikan. "Kalau tak salah ada tujuh lah yang habis terbakar. Bangunan lainnya masih utuh lah, hanya beberapa bagian yang rusak. Nah, untuk penyebab akan dilaksanakan penyedikan dan penyidikan lah," ungkapnya di lokasi kejadian.
  
 Akibat kebakaran itu, sempat terjadi kemacetan parah beberapa jam di dua jalur berlawanan di kawasan tersebut dan mencapai sekitar masing-masing tiga kilometer.

Simak pula: Pasar Bodok Terbakar

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017