Sintang (Antara Kalbar)- Pemerintah Kabupaten Sintang bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sintang akan menggelar Pawai Taaruf atau Takbir Keliling untuk menyambut Idulfitri.

"Pawai Taaruf dijadwalkan akan dilepas oleh Bupati Sintang Jarot Winarno beserta anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di depan Rumah Jabatan Bupati Sintang pada, Sabtu 24 Juni 2017 Jam 19.30 WIB," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Kurniawan, ditemui di Sintang, Kamis.

Ia mengatakan pawai takbir keliling akan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua. Kegiatannya dilaksanakan setelah ada keputusan resmi pemerintah.

Sedangkan untuk rute, kata Kurniawan, pawai Taaruf dan takbir keliling akan dimulai dari Pendopo Bupati Sintang. Bagi yang menggunakan kendaraan roda empat agar menghias kendaraannya bernuanasa Islami, dilengkapi dengan pengeras suara dan melafazkan takbir sepanjang rute pawai.

Sedangkan bagi yang menggunakan roda dua menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

Seluruh peserta wajib mengikuti pawai takbir hingga selesai secara tertib dan menjaga keamanan diri masing-masing.

"Khusus peserta kendaraan roda empat, akan dinilai oleh panitia dan akan mendapat hadiah berupa uang pembinaan yang diumumkan pada saat sebelum sholat Idul Fitri di lapangan Kodim Sintang," jelas Kurniawan.

Dikatakan Kurniawan, seluruh peserta pawai takbir keliling sudah hadir 15 menit sebelum kegiatan dimulai. Diharapkan partisipasi seluruh ormas Islam, lembaga pendidikan Islam, masjid dan umat Muslim serta Muslimat di Kota Sintang untuk mengikuti pawai takbir keliling tersebut.

Pemkab Sintang akan mengkoordinasikan rencana pawai tersebut pada Kepolisian Resort (Polres) Sintang guna mendapatkan pengawalan.

"Ini agar dalam pelaksanaannya tidak ada hambatan, kondusif dan berjalan lancar," tutur Kurniawan.

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017