Singkawang (Antara Kalbar) - Kapolres Singkawang, AKBP Sandi Alfadien Mustofa telah memerintahkan jajarannya untuk rutin melaksanakan kegiatan "Blue Patrol" pada malam hari.

"Baik anggota Polres maupun Polsek sudah saya perintahkan untuk rutin melaksanakan kegiatan Blue Patrol pada malam hari," kata Sandi, Jumat.

Menurut Sandi, pelaksanaan Blue Patrol dirasakan sangat efektif untuk menekan angka kriminalitas di Kota Singkawang.

"Setelah kita lakukan analisa dan evaluasi, ternyata pelaksanaan Blue Patrol cukup efektif dalam rangka menekan jumlah kriminalitas di Kota Singkawang. Dan hal ini akan kita pertahankan terus dalam rangka menjaga situasi Kota Singkawang agar tetap dalam keadaan aman dan kondusif," ujarnya.

Diketahui, Blue Patrol atau blue light patrol adalah patroli dengan menyalakan lampu rotator mobil maupun motor patroli sebagai langkah untuk menunjukan eksistensi Polri di lapangan.

"Kegiatan Blue Patrol di fokuskan ke lokasi-lokasi yang memang rawan terjadi tindak pidana seperti pusat-pusat perbelanjaan, perumahan-perumahan warga, tempat-tempat ibadah dan lokasi keramaian masyarakat lainnya," jelas Sandi.

Kabag Ops Polres Singkawang Kompol I Nyoman Sarjana sebelumnya mengatakan, pelaksanaan Blue Patrol dimulai dari pukul 19.00 sampai 03.00 WIB dengan sasaran di 10 titik di Kota Singkawang.

Sebanyak 10 titik yang dimaksud, katanya, pekong pasar, perempatan Patung Naga, perempatan Hotel Prapatan, simpang BNI, simpang Masjid Raya, jembatan agen, bundaran Sakok, simpang VIT, simpang Jalan Kalimantan, dan perbatasan Singkawang Timur.

Tujuan dari Blue Patrol ini, katanya, untuk mengantisipasi berbagai gangguan Kamtibmas, seperti pencurian kendaraan bermotor dan balapan liar.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017