Putussibau (Antara Kalbar) - Kapuas Hulu berkomitmen melaksanakan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) hingga kecamatan dan pedalaman di wilayah Kapuas Hulu.

Komitmen tersebut tertuang dalam penandatanganan MoU seluruh Camat dan Puskesmas se-Kapuas Hulu, di Gedung Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) di Kedamin, Kecamatan Putussibau Selatan, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Selasa.

"Germas itu merupakan pendekatan kepada masyarakat untuk proaktif dalam menjaga kesehatan melalui edukasi kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Andi Jap ditemui di sela - sela sosialisasi dan advokasi pemberian obat pencegah massal filariasis serta pencanangan Germas.

Dikatakan Jap program kesehatan banyak namun Germas itu perlu dilakukan pemahaman kepada masyarakat.

"Bisa saja selama ini masyarakat belum tahu, sehingga tujuan Germas itu meningkatkan progarm kesehatan melibatkan masyarakat," jelas Jap.

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Harison mengatakan melalui Germas masyarakat digerakan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dengan memakan buah dan sayur dan rajin melakukan olahraga serta rahin memeriksakan diri ke petugas kesehatan.

Ia menjelaskan apabila masyarakat rajin memeriksakan diri kepetugas kesehatan maka apabila terdapat penyakit akan terdeteksi secara dinu atau deteksi dini secara awal

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir mengatakan menjaga kesehatan merupakan kesadaran dan tanggungjawab semua pihak, tidak hanya pemerintah melainkan masyarakat juga berperan menjaga kesehatan dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan.

"Untuk hidup sehat perlu kesadaran dari kita sendiri untuk menjaga pola hidup sehat," kata Nasir.

Dirinya meminta Germas tersebut dapat di suarakan ke seluruh pelosok daerah di wilayah Kapuas Hulu.



(T.KR-TFT/B008)

Pewarta: Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017