Pontianak  (Antara Kalbar) - Kantor Kementerian Agama Kalimantan Barat bersiap untuk memberangkatkan 2.525 jemaah haji asal Kalbar, yang akan mulai diberangkatkan pada tanggal 9 Agustus mendatang.

"Kita sudah menetapkan enam kali keberangkatan jemaah haji asal Kalbat, dimana untuk keberangkatan pertama yang akan diberangkatkan adalah kloter 11, 12 dan 13. Kemudian, keberangkatan kedua, kloter 14, 15 dan 16," kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalbar Azharuddin Nawawi di Pontianak, Senin.

Dia menjelaskan, sama seperti tahun sebelumnya Kalbar memiliki enam kloter untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

"Dari Pontianak menuju Batam tanggal 9 Agustus 2017 dan keberangkatan terakhir tanggal 14 Agustus 2017. Kemudian, waktu kembali jemaah, tiba di Batam tanggal 18 September 2017 dan tanggal 19 September 2017 tiba di Pontianak," tuturnya.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya terus melakukan berbagai persiapan untuk keberangkatan jamaah haji tersebut, termasuk mengecek paspor jemaah calon haji.

"Saat ini yang sudah dipegang sekitar 1.720 paspor, selebihnya dalam proses visa di Jakarta. Kita yakin, mendekati hari keberangkatan semuanya sudah tuntas, karena pada H-4 keseluruhan paspor dibawa ke Batam, sebelum para jemaah terbang di Mekkah," katanya.

Ia menambahkan data terakhir jemaah asal Kalbar berkurang sebanyak dua orang dari jumlah awal. Dari 2.527 menjadi 2.525 jemaah. Pengurangan itu karena ada jemaah haji yang mutasi ke luar daerah dengan berbagai alasan.

"Salah satu alasannya pindah tugas. Keluarnya delapan dan masuk enam, jadi seharusnya 2.527 menjadi 2.525, tapi jika bisa dikejar, Insya Allah jumlahnya tetap sama," kata Azharudin.

Kemudian, lanjut dia, jika sesuai dengan jadwal maka jemaah haji mulai masuk asrama haji tanggal 8 Juli 2019. Ini khusus jemaah dari berbagai kabupaten/kota terkecuali Kota Pontianak.

Jemaah akan menginap selama satu malam, barulah tanggal 9 Juli berangkat ke Batam. "Di Batam jemaah tidak bermalam, namun tetap memiliki waktu beristirahat sekitar 7-8 jam dan pada tanggal itu juga jemaah langsung berangkat ke Mekkah," katanya.




(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017