Pontianak (Antara Kalbar) - Kapolda Kalbar Irjen (Pol) Erwin Triwanto membuka pendidikan pembentukan bintara Polri di Sekolah Kepolisian Negara Pontianak, yang diikuti sebanyak 267 siswa.

"Kami mengucapkan selamat kepada 267 peserta didik SPN Pontianak, karena telah dinyatakan lulus seleksi dan ditetapkan sebagai peserta didik pada program Diktuk Bintara Polri tahun ajaran 2017/2018, dan akan menempuh pendidikan di SPN Pontianak," kata Erwin Triwanto di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan, para peserta tersebut akan dididik, ditempa, dan dilatih guna menjadi insan tribrata yang profesional, modern, dan terpercaya.

Untuk itu, ia melanjutkan, maknai anugerah dan karunia Tuhan Yang Maha Kuasa ini, dengan penuh rasa syukur, disertai niat kesungguhan dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang telah ditetapkan oleh lembaga Polri.

"Harus kita pahami, bahwa perkembangan tantangan tugas Polri ke depan akan semakin berat. Era globalisasi yang terjadi dengan cepat, telah memunculkan berbagai dinamika kejahatan berdimensi baru, yang diiringi dengan potensi terjadinya gangguan Kamtibmas di berbagai bidang kehidupan masyarakat," ungkapnya.

Realitas tantangan tugas ke depan, harus mampu diatasi oleh institusi Polri, agar stabilitas keamanan dalam negeri dapat tetap terjaga. Untuk itu, Polri harus didukung oleh SDM Polri yang profesional, berintegritas, dan mampu menguasai bidang tugasnya, katanya.

"Para peserta didik ini akan mengikuti pendidikan selama tujuh bulan ke depan, di SPN Pontianak," ujarnya.

Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan merupakan tahapan penting yang tidak dapat dipisahkan dari keseluruhan upaya pembinaan personel. Melalui optimalisasi seluruh komponen pendidikan, disertai desain kurikulum berbasis kompetensi diharapkan dapat tercipta personel polri yang berkualitas, kata Erwin.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalbar mengimbau kepada para peserta didik agar mempersiapkan fisik dan mental sehingga dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik.

Ia juga berharap, para peserta didik Polri dapat mengimplementasikannya apa yang didapatnya selama pendidikan dalam pelaksanaan tugas sebagai anggota Polri dalam memberikan pelayanan, pelindungan dan pengayoman pada masyarakat.

(U.A057/T011)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017