Sukadana (Antara Kalbar) - Bupati Kayong Utara Hildi Hamid kembali menggugah semangat kebangsaan masyarakat di Kayong Utara dalam momentum HUT ke-72 RI untuk kembali hidupkan semangat gotong royong.
  
Hal tersebut dikatakan Hildi Hamid sebagai salah satu refleksi memaknai arti kemerdekaan yang sudah 72 tahun diraih dari hasil jerih payah para pejuang Indonesia.
   
"Kita kembali menghidupkan gotong royong, karena gotong royong merupakan budaya bangsa Indonesia yang diwariskan oleh para pejuang bangsa ini," kata Hildi Hamid.
   
Dijelaskannya, saat ini masyarakat sering keliru dalam menafsirkan sebuah arti kebangsaan. Dimana salah satu cirinya adalah dalam bentuk gotong royong yang beberapa dekade terakhir merupakan tugas pemerintah dan bukan lagi beban masyarakat.
   
Dijelaskannya, pemerintah hanya sebagai pemicu atau pendorong, namun selebihnya adalah peran serta masyarakat. "Masyarakat tidak selamanya bergantung dengan pemerintah, mulai dari yang kecil kita hidupkan kembali gotong royong, dari lingkungan RT, dusun dan desa di sekitar kita," paparnya.

Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017