Sukadana (Antara Kalbar) - Bupati Kayong Utara Hildi Hamid membuka acara pameran pembangunan yang dilaksanakan dalam rangkaian acara perayaan HUT ke-10 Kabupaten Kayong Utara sekaligus HUT ke-72 RI.

Dalam sambutannya, Hildi Hamid melihat pelaksanaan even besar yang seringkali dilaksanakan di Kabupaten Kayong Utara berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi terutama pelaku usaha di sektor jasa perdagangan.

"Kita coba melihat dari hasil sensus BPS bidang ekonomi pertumbuhan ekonomi kita hampir 6 persen, ini memang, kontribusi PDRB terbesar adalah sektor pertanian dan perikanan yang cenderung menurun, yang meningkat justru jasa perdagangan seperti rumah makan, kemudian juga penginapan-penginapan dan lain sebagainya," kata Hildi Hamid.

Menurutnya, untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kayong Utara tidaklah terlalu sulit, jika even-even besar sering dilaksanakan di kabupaten termuda di Kalbar tersebut.

"Jadi kalau tahun lalu kita ada Sail Selat Karimata ini membuahkan hasil seperti yang kita hadapi sekarang, tentunya kita kan melihat lagi apakah di 2017 pertumbuhan ekonomi kita akan meningkat," ujar dia.

Pertimbangannya, karena KKU beberapa kali melaksanakan even-even yang setingkat propinsi, mulai dari STQ, HKQ kemudian hari lahir Muslimat Nahdhtul Ulama se-Kalimantan Barat juga di Kabupaten Kayong Utara yang menghadirkan juga tamu-tamu dari seluruh Kalimantan Barat.

"Tentu ini tidak akan sulit jika untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi artinya even-even yang bersifat setingkat provinsi dan nasional harus sering kita laksanakan," kata Bupati yang telah dua periode ini menjabat.

Bupati yang juga akan mencalonkan diri pada Pilgub 2018 ini melanjutkan, melalui pameran pembangunan ini, masyarakat dapat melihat dan mengetahui kinerja pemerintah Kabupaten Kayong Utara dalam pembangunan di segala sektor.

"Tentunya even pameran seperti ini juga dapat digunakan sebagai ajang promosi tentang lingkungan, potensi alam dan budaya yang ada di kayong Utara serta dapat membangkitkan kembali gairah bagi dunia usah di Kayong Utara," terangnya.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua PWNU Kalbar ini berharap peran aktif masyarakat Kayong Utara untuk turut serta berpatisipasi mendukung segala pembangunan yang ada di kabupaten Kayong Utara.

"Saya juga mengajak kita semua untuk menyadari bahwa bila ingin melihat daerah tercinta ini semakin maju, semakin sejahtera maka tidak ada jalan lain selain memberdayakan segala potensi yang ada dan memantapkan kebersamaan antar kelompok masyarakat dan pelaku pembangunan dengan jajaran pemerintah di Kabupaten Kayong Utara," kata Hildi Hamid.

Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017