Pontianak  (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya kembali melakukan pencanangan Kampung KB di Desa Kuala Mandor A, Kecamatan Kuala Mandor B.

"Pencanangan kampung Keluarga Berencana (KB) di desa-desa di wilayah Kabupaten Kubu Raya terus berlanjut. Kali ini pencanangan kampung KB Tingkat Kabupaten Kubu Raya dilaksanakan di Desa Kuala Mandor A Kecamtan Kuala Mandor B," kata Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus di Sungai Raya, Selasa.

Pada pencanangan tersebut, juga dihadiri oleh Ketua tim Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya, Endang Indrawati.

Hermanus mengatakan kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan, baik itu program  KB maupun pembangunan keluarga secara utuh di lapangan.

"Kampung KB merupakan salah satu bentuk pelaksanaan total program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah," tuturnya.

Kampung KB, dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB.

"Itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas, agar mampu mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan kehidupan keluarga yang berkualitas, tenteram dan sejahtera," katanya.

Hermanus menilai program tersebut sangat penting dilakukan, mengingat jumlah penduduk semakin bertambah dari waktu ke waktu.

"Melalui program Kampung KB ini, kita berharap dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ber-KB sehingga kita bisa menekan jumlah penduduk," katanya.



(U.KR-RDO/T011)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017