Pontianak (Antara Kalbar) - Dewan Pers mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia wartawan, baik cetak, elektronik dan online di Provinsi Kalimantan Barat dan Indonesia umumnya dengan menggelar pelatihan di Pontianak.

"Pelatihan ini merupakan salah satu kontribusi dari Dewan Pers untuk meningkatkan kualitas wartawan di Indonesia, dengan maksud agar produknya, baik itu cetak, online, televisi atau radio semakin meningkat," kata Ketua Komisi Bidang Pendidikan Dewan Pers Hendry Ch Bangun, di Pontianak, Senin.

Sejumlah wartawan media cetak, online, televisi dan radio serta media kampus mengikuti Safari Jurnalistik 2017 sesi II yang diadakan Dewan Pers Indonesia dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Pontianak.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan.

Panitia menggelar pelatihan itu dikhususkan untuk wartawan yang tergabung dalam organisasi profesi wartawan dan yang terdata dalam Dewan Pers, selain PWI, kontribusi serupa juga diberikan kepada AJI, IJTI dan organisasi profesi wartawan lainnya, kata Hendry.

Ia kembali mengatakan, Dewan Pers juga akan melakukan verifikasi media hingga Desember 2018 nanti. Hal ini dimaksud agar masyarakat mendapat informasi jelas sesuai kode etik dan kaidah jurnalistik terhadap media-media yang ada.

Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat Marah Sakti Siregar menambahkan bahwa PWI Pusat memiliki banyak program terkait pendidikan, salah satunya yakni kegiatan Safari Jurnalistik yang saat ini diadakan di Pontianak.

"Kegiatan ini sengaja kami lakukan, sebab hingga saat ini disinyalir kebanyakan kantor media jarang sekali mengadakan pendidikan untuk SDM di medianya masing-masing," katanya pula.

(U.A057/B014)

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017