Singkawang (Antara Kalar) - Polres Singkawang melakukan "Patroli Trabas Kamtibmas" yang melibatkan puluhan anggota Motor Trail Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

"`Patroli Trabas Kamtibmas` ini kita laksanakan pada Sabtu," kata Kapolres Singkawang, AKBP Yuri Nurhidayat, Minggu.

Kegiatan itu dipimpin Kapolres didampingi Kasat Sabhara, Kapolsek Singkawang Selatan, para Kanit Sat Sabhara Res Singkawang, Kanit Ik Polsek Singkawang Selatan, anggota Sabhara Res Singkawang dan komunitas Motor Trael Kota Singkawang sebanyak 21 motor

Adapun rute yang dilalui anggota patroli tersebut, dimulai dari Pekong Tua Sejahtera (star), menuju Jl Pramuka, Jl Demang Akub dan masuk ke perkebunan milik warga Kecamatan Singkawang Utara tembus Kecamatan Singkawang Timur.

Kemudian, anggota patroli singgah di SDN 67 Mantoman, Pajintan, dan masuk ke Jl Sanggau Kulor, Jl Sagatani Disbun dilanjutkan ke Trans SP II Pangmilang-Ishoma, dan lanjut ke lokasi bandara, Patiware, Kaliasin, Saliung dan finish di Kafe Tani Station.

Patroli berakhir pada pukul 15.30 WIB. Pihaknya menyempatkan diri memberikan motivasi-motivasi dan hadiah kepada murid-murid di SDN 67 Mantoman dan SDN 56 Kelurahan Nyarumkup, Singkawang Timur.

"Bagi murid yang bisa menjawab dan menyanyikan lagu wajib Nasional Garuda Pancasila dan Halo-Halo Bandung maka kita berikan hadiah berupa buku dan alat tulis seperti pulpen, pensil, dan coklat," ungkapnya.

Yuri menjelaskan, patroli Trabas ini merupakan solusi yang sangat tepat untuk menjalankan tugas sekaligus menyalurkan hobby.

Dengan menggunakan sepeda motor trail, dia bersama anggotanya patroli ke daerah-daerah yang memang sulit dijangkau untuk menjawab tantangan yang dinilainya sangat efektif.

"Masyarakat perlu dikasih solusi sehingga kita yang jemput bola ke masyarakat. Jadi harus kita sebagai abdi negara yang hadir di tengah mereka," tuturnya.

Melalui "Patroli Trabas Kamtimas" ini, katanya, tentunya ada dua manfaat yang didapatkan. Yakni, selain dapat menyalurkan kegemaran, Patroli Trabas juga dapat menjadi solusi untuk memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat mulai dari mengayomi dan melindungi.  

(KR-RDO/S023)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017