Singkawang (Antara Kalbar) - Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia, Aliansi Pemuda Singkawang, Kalimantan Barat, akan melakukan berbagai aksi sosial dengan tujuan memberikan manfaat antarsesama.

"Aksi sosial ini rencananya akan kita gelar pada 17 Desember 2017 di Singkawang Grand Mall Kota Singkawang," kata Ketua Inspirasi Kreativitas Biak Singkawang (IKBS), Ahmad Maulana, di Singkawang, Minggu.

Menurutnya aksi sosial yang digelar adalah bertujuan untuk memberikan manfaat antar sesama dan ingin berbagi pada kepentingan masyarakat khususnya bagi anak-anak Yatim Piatu dan Duafa.

Kegiatan peringatan Hari AIDS Sedunia ini, katanya, merupakan kali ke-3 sejak berdirinya IKBS pada 1 Agustus 2015 lalu.

"Upaya yang direncanakan kali ini adalah membantu anak-anak yatim-piatu dan duafa untuk melaksanakan khitanan yang nanti akan diselingi dengan aksi sosial lainnya seperti donor darah dan tes HIV/AIDS," ujarnya.

Menurutnya, dari segi agama khitanan merupakan hal yang wajib, sedangkan secara medis tentunya memiliki banyak manfaat diantaranya menjaga kebersihan jasmani dan mengurangi resiko terjangkitnya penyakit.

"Atas dasar tersebut, Inspirasi Kreativitas Biak Singkawang (IKBS) akan melaksanakan kegiatan dalam rangka memperingati hari AIDS Sedunia 2017 pada tanggal 17 Desember 2017 di Singkawang Grand Mall Kota Singkawang," ungkapnya.

Meski IKBS merupakan sebuah komunitas baru yang bergerak di bidang sosial, dia mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama para generasi muda untuk bersama-sama memerangi virus yang sampai sekarang belum ditemukan obatnya.

"Menjaga diri sendiri merupakan langkah awal dalam mencapai Getting to Zero (Zero Now HIV Infection, Zero Death From AIDS-Related Illnesses, Zero Discrimination) dengan cara berperilaku sehat menghindari seks bebas, penggunaan narkoba dengan jarum suntik secara bergantian, bahkan dengan cara memberikan ASI kepada anak yang sudah secara positif ibunya terkena virus HIV juga merupakan salah satu cara virus ini menular," jelasnya.
 
(KR-RDO/N005) 

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017