Singkawang (Antara Kalbar) - PT PLN (Persero) Area Singkawang melakukan gelar pasukan dan perlengkapan petugas Pelayanan Teknik (Yantek) yang dilaksanakan oleh PT Graha Artha secara serempak di seluruh unit rayonnya yaitu Singkawang Kota, Pemangkat, Sambas, Bengkayang, Sekura dan Sungai Duri, Selasa.

"Hal ini dilakukan dalam rangka kesiapsiagaan PLN sebagai upaya memberikan pelayanan prima kepada pelanggan dalam menyambut Natal 2017 dan Tahun Baru 2018," kata Manager PLN Area Singkawang, Sumarsono.

Menurutnya, kegiatan yang diberi nama "PLN Siaga" ini dilakukan untuk memberi kenyamanan terhadap pelanggan yang akan menyelenggarakan hari Natal dan Tahun Baru.

"Kegiatan ini sendiri merupakan kegiatan rutin yang dilakukan PLN setiap kali menyambut hari-hari besar. Kami mempersiapkan seluruh personel dan peralatan dalam menghadapi siaga gangguan listrik selama 24 jam," ujarnya.

PLN Singkawang, katanya, akan siap siaga sampai tahun baru selesai, serta meningkatkan pelayanan dalam memenuhi kebutuhan listrik pelanggan merupakan hal biasa yang dilakukan.

"Hanya saja untuk momen Natal dan Tahun Baru sekarang jajaran pasukan berseragam biru muda itu membuat agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dengan melakukan gelar pasukan dan perlengkapan secara serempak di seluruh unit rayon dan sub rayon," ungkapnya.

PLN Singkawang, katanya, akan menempatkan pasukan siaga PLN yang meliputi wilayah Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas.

"Kami setiap tahun melakukan siaga gangguan jaringan listrik, serta melakukan penjagaan selama 24 jam dengan dilakukan secara bergantian," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Assisten Manajer Jaringan PLN Area Singkawang, YudiYanto mengatakan, tantangan pengamanan pasokan listrik ini adalah faktor cuaca yang saat ini cukup ekstrim menimpa Kalimantan Barat.

"Terkait dengan pohon yang dekat dengan jaringan PLN Singkawang diimbau kepada masyarakat Kota Singkawang, Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang khususnya untuk memberikan izin kepada PLN untuk memangkas atau melakukan pemangkasan pohon yang dekat dengan jaringan berkoordinasi dengan petugas PLN untuk faktor keamanan," katanya.

Imbauan itu diutarakannya, agar tidak mengalami gangguan jaringan listrik maka PLN meminta partisipasi masyarakat untuk memangkas ranting pohon yang menempel dekat jaringan listrik 20 Kilovolt (kV), untuk kepentingan bersama agar listrik dapat teralirkan dan dinikmati dengan baik.

Ditambahkan dia, bahwa pelayanan PLN tidak terlepas dari keandalan jaringan. Untuk itu, dia menganjurkan apabila jaringan PLN putus baik didominasi pohon tumbang yang menimpa jaringan PLN, petir, hewan dan lain sebagainya maka masyarakat sebagai pelanggan PLN agar segera melapor ke kantor PLN terdekat atau menghubungi Call Center 123.

"Kami mohon partisipasi masyarakat untuk memberikan informasi gangguan listrik ke kantor PLN terdekat atau menghubungi Call Center 123. Dan petugas PLN agar terus siaga serta meningkatkan loyalitas dan integritas dalam melayani pelanggan," katanya.

Selanjutnya, guna meningkatkan mutu Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Karyawan dan Pekerja, maka PLN Area Singkawang juga akan memberikan sosialisasi K3 dan memeriksa perlengkapan kerja Pelayanan Teknik PT Graha Artha.

"Karena masalah K3 ini menjadi fokus utama kami yang harus ditekankan kepada para karyawan sebelum menjalankan tugasnya di lapangan. Untuk itu kegiatan sosialisasi K3 yang kami laksanakan ini menjadi sangat penting dan harus dipahami serta dilaksanakan oleh seluruh karyawan, baik karyawan PLN maupun vendor-vendor jaringan," katanya.



(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017