Pontianak (Antara Kalbar) - Sejumlah pembangunan jalan di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat dengan proyek "multi years" ditargetkan akan selesai tahun 2018, kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pontianak, Ismail.

"Anggaran proyek multi years untuk jalan 2018 sudah disahkan DPRD Pontianak, dan saat ini tinggal menunggu pengesahan dari Gubernur Kalbar," kata Ismail di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan, salah satu proyek multi years jalan tersebut, yakni Jalan Paralel Sungai Raya Dalam yang akan selesai sebelum Juni 2018, kemudian Jalan Pararel Husein Hamzah paling lama di bulan yang sama.

"Kemudian ada bantuan pusat dalam bentuk dana DAK (Dana Alokasi Khusus). DAK itu digunakan untuk beberapa kegiatan, seperti peningkatan di Jalan Kebangkitan Nasional," ungkapnya.

Menurut dia Jalan Kebangkitan Nasional nantinya akan diperbaiki, dan akan diperlebar hingga16 meter dengan enam lajur, namun pembangunannya akan bertahap. Sementara untuk Jalan 28 Oktober akan selesai tahun ini.

"Jalan 28 Oktober juga tahun ini selesai, sampai ke simpang Jalan Sungai Selamat B dekat Kantor Dinas Kebersihan, sehingga jalan itu jadi bagus dan termasuk jalan lingkar," katanya.

DAK itu juga akan digunakan untuk menyelesaikan pembangunan Jalan Harapan Jaya. Saat ini jalan itu belum diperbaiki lantaran masih ada pembangunan rumah susun. "Usai pembangunan rumah susun akhir tahun ini, tahun 2018 jalan itu akan dibaguskan sampai ke Jalan Purnama," kata Ismail.

Kemudian, Jalan MT Haryono yang juga akan ditinggikan. Selama ini jalan itu selalu tergenang saat hujan lebat datang, sehingga akan dilakukan peninggian seperti Jalan S Parman dan Jalan Waru.

"Masih banyak lagi jalan-jalan yang akan dilakukan peningkatan dan pelebaran, termasuk pelebaran Jalan Ahmad Yani dari depan Kantor PUPR Kota Pontianak sampai ke Jalan MT Haryono," kata Kadis PUPR Kota Pontianak tersebut.
(U.A057/B008)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017