Desain Tugu Ikan Arwana yang akan di bangun di Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat. (Foto Antaranews/Timotius)
Putussibau (Antaranews Kalbar) - Tahun ini Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, akan membangun tugu Ikan Arwana yang merupakan ciri khas Kapuas Hulu.

"Tugu selamat datang itu akan dibangun dengan menonjolkan ciri khas Kapuas Hulu yaitu ikan hias Arwana," kata Kepala Dinas Penataan Ruang dan Cipta Karya Kapuas Hulu, Nusantara Gawat ditemui di Putussibau, Kapuas Hulu, Senin.

Dikatakan Gawat, pembangunan tugu selamat datang itu berada di jalan Lintas Selatan, Kecamatan Putussibau Selatan dari arah Pontianak sebelum masuk Kota Putussibau sebagai Ibu kota Kapuas Hulu.

Ia menjelaskan tugu itu akan dibangun disertai taman di sekitarnya, dengan total anggaran Rp500 juta dari dana APBD daerah setempat.
Desain Tugu Ikan Arwana yang akan di bangun di Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat. (Foto Antaranews/Timotius)


Menurut Gawat, tugu sebelumnya yang pernah berdiri sudah dirobohkan, karena masuk badan jalan dan kondisinya sudah condong.

"Kami sudah disurati dari Balai Besar Kementerian PU, agar tugu selamat datang itu dirobohkan karena masuk badan jalan, sehingga kita akan bangun kembali dengan desain tugu Arwana," jelas Gawat.

Selain itu, tugu yang sama juga akan dibangun di jalan Lintas Utara, Kecamatan Putussibau Utara, hanya saja pembangunan untuk tugu di Lintas Utara itu akan dilaksanakan pada tahun 2019.

Sementara itu untuk tugu di sejumlah persimpangan di wilayah Kota Putussibau akan diusulkan kepada Balai Besar Jalan dan Jembatan Kementerian PU, sebab itu merupakan jalan Nasional.

Dijelaskan Gawat, empat tugu yang diusulkan tersebut yaitu tugu di. Simpang Melapi, Simpang Penjara, Simpang Darusalam dan Simpang Mupa.***4***

(T.KR-TFT/N005)


Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018