Sambas  (Antaranews Kalbar) - Komisioner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sambas, Kalbar, Mustadi mengatakan pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Sambas.

"Sejauh ini kita menilai kinerja PPDP yang melaksanakan coklit masih berjalan dengan baik dan lancar," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Selasa.

Mustadi menjelaskan pihaknya baik dari tingkat kecamatan dan desa terus memantau dan membantu pelaksanaan coklit yang berlangsung dari 20 Januari hingga 18 Febuari 2018.

"Intinya saat ini belum ada laporan dan temuan dari kita terkait Coklit tersebut. Semua masih berjalan sesuai aturan," papar dia.

Ia menyebutkan proses coklit berupa mendata kembali dan mencocokkan data pilih di setiap desa agar nantinya data yang ada akurat sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam Pilkada.

"Setelah itu, kita ingin pastikan panitia pemungutan suara (PPS) mengumumkan ke masyarakat dari hasil coklitnya di setiap desa agar jika ada masyarakat yang belum terdata bisa segera melaporkan ke PPS. Sehingga saat pemilihan nantinya semua sudah mempunyai hak pilihnya masing-masing," papar dia.

Ia berharap masyarakat di Kabupaten Sambas mendukung pelaksanaan Coklit agar petugas di lapangan tidak mengalami kendala yang berarti.

"Kita juga mengajak semua pihak dalam Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 untuk bersama menjaga keamanan dan ketertiban," katanya.





(U.KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018