Sintang (Antaranews Kalbar) - Anggota Kepolisian Resor Sintang dan anggota TNI Korem 121/Alambhana Wanawai Sintang melakukan latihan bersama untuk pengendalian massa pada pengamanan Pilkada 2018 mendatang.

"Pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2018, betul-betul dipersiapkan dengan baik, berbagai hal harus diantisipasi sejak dini, tak terkecuali potensi gangguan terkait keamanan dan ketertiban," kata Kapolres Sintang AKBP Sudarmin, di Sintang, Kalimantan Barat, Jumat.

Dia mengatakan, Polres Sintang dan jajaran TNI Korem 121/ABW di Kabupaten Sintang tidak mau kecolongan, salah satu persiapan yang dilakukan adalah dengan menggelar latihan pengendalian massa (Dalmas) secara bersama-sama.

Menurut Sudarmin, latihan bersama itu diikuti oleh seluruh anggota Polres Sintang yang telah di-Sprinkan sedikitnya berjumlah 217 personil dan dari TNI Korem 121/ABW sebanyak 70 personil atau dua peleton yang dipersiapkan.

"Latihan bersama itu bentuk sinergitas dan komitmen TNI - Polri dalam mengamankan, mengawal dan menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2018 di Kabupaten Sintang," kata Sudarmin.

Dia mengatakan, latihan bersama tersebut akan terus digelar hingga beberapa hari ke depan, dengan melibatkan sebanyak 217 anggota Polres Sintang dan 70 anggota TNI.

Dalam latihan bersama pertama ini, masing-masing personel menggunakan sarana dan prasarana seperti perlengkapan dalmas (Polri) dan PHH (TNI), nantinya setelah dilaksanakan latihan bersama maka akan digelarkan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota-red) dengan melibatkan Sarana dan Prasarana yang sudah ada, mulai dari kendaraan roda dua, AWC, Flash Ball, Gihaphone Speaker.

Ditegaskan Sudarmin, latihan bersama itu untuk mempersiapkan semua personel yang terlibat dalam pengamanan Pilkada 2018.

"Kita berharap pelaksanaan Pilkada Kalbar di Kabupaten Sintang bisa berjalan dengan baik, lancar dan aman, tetap jaga kebersamaan dan kondisi wilayah kita yang sudah kondusif ini," tegas Sudarmin.



(T.KR-TFT/N005)

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018